Asal Usul dan Arti Kata YNTKTS Lengkap di Media Sosial

Media sosial, belakangan ini sedang dihebohkan dengan tagar YNTKTS. Tagar tersebut juga menjadi viral di berbagai media sosial seperti Instagram, twitter dan youtube. Bahkan kata YNTKTS ini dijadikan sebagai sebuah meme yang sudah tersebar secara luas di berbagai kalangan masyarakat. Namun, walaupun sudah heboh di berbagai sosial media sebagian netizen tanah air masih ada yang belum mengetahui tentang singkatan ini karena baru populer di pertengahan tahun 2021. Lalu apa itu sebenarnya arti kata YNTKTS?, yuk simak pembahasan di bawah ini.

Apa sebenarnya arti kata YNTKTS?

Arti Kata YNTKTS Lengkap di Media Sosial

Di media sosial twitter, kata YNTKTS menjadi populer karena pembatasan kata-kata yang digunakan saat membuat sebuah status, unggahan, dan caption. Kata YNTKTS merupakan kepanjangan dari kalimat “Ya Ndak Tau Kok Tanya Saya”. Kalimat ini pertama kali dilontarkan oleh presiden RI Jokowi ketika menjawab pertanyaan dari salah satu wartawan stasiun televisi. Hal inilah yang kemudian menjadi asal muasal terciptanya kata YNTKTS .

Kata YNTKTS kemudian menjadi viral di media sosial yang juga berkaitan dengan meme yang akhir-akhir ini viral terkait postingan BEM UI yang menyatakan tentang the king of lip service yang ditujukan oleh Jokowi. Selain YNTKTS masih ada singkatan lain yang juga mulai populer digunakan oleh pengguna media sosial, salah satunya yaitu YTBJTS. YTBJTS merupakan kepanjangan dari “Ya Tanya Bapak Jangan Tanya Saya”, jika kalimat YNTKTS dipopulerkan oleh presiden Jokowi. YTBJTS ini dipopulerkan oleh putra Jokowi, Kaesang Pangarep saat tampil di salah satu program stasiun televisi tepatnya Mata Najwa. Saat itu, Kaesang ditanya oleh Najwa soal hobi Presiden Jokowi yang memelihara kecebong, dan dijawab oleh kaesang “Ya tanya bapak jangan tanya saya” dengan tertawa.

Tidak hanya YNTKTS dan YTBJTS saja, ada singkatan lain yang mereka gunakan di media sosial. Yaitu kata KKTBSYS yang pertama kali muncul saat momen tanya jawab siswa SD dan Pak Soeharto, arti dari kata ini yaitu “Kok Kamu Tanya Begitu? Siapa Yang suruh”.

Asal-usul ucapan legendaris YNTKTS

Muncul sebuah video mengenai arti kata YNTKTS pada sebuah papan display stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Bogor yang kemudian menjadi viral. Dimana video tersebut berisi cuplikan saat Jokowi mengucapkan “Yo Ndak Tahu Kok Tanya Saya HMM, sebentar itu anunya” yang dilanjutkan dengan jokowi yang menunjuk arah dan langsung pergi, sementara wartawan yang melihatnya hanya tertawa. Di video tersebut banyak sekali pengguna media sosial yang menggunakan kata YNTKTS baik untuk candaan, meme, bahkan sindiran.

Sedangkan dari video yang viral tersebut para pengguna Facebook menggunakan kata YNTKTS supaya tidak menyindir jokowi. Para pengguna Facebook biasanya hanya menggunakan kalimat ini dalam grup-grup shitposting atau meme saja. Tetapi, ada beberapa orang yang menggunakan kalimat ini di setiap komentar dalam bersosial media.

Diketahui Urban Dictionary yang sudah mengunggah singkatan YNTKTS ini. Kita juga sudah tahu bahwa situs ini sering memberikan informasi seputar kata tertentu termasuk bahasa yang sedang trend atau gaul di media sosial. Urban Dictionary menjelaskan bahwa arti kata YNTKTS merupakan the legendary sentence said by Jedi Master Joko Widodo, the master of Hoe Tank lightsaber form. Penjelasan dari situs tersebut langsung viral, banyak yang menggapnya sebagai hiburan namun tidak sedikit yang menyayangkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai arti kata YNTKTS lengkap di media sosial, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *