Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Berburu Keindahan Milky Way Di Indonesia

 Ketika bangun tidur, Kemudian  membuka jendela, disambut oleh hangatnya sang surya. Beberapa waktu kemudian, langit membiru bersama putihnya awan, lanjut saat sore dimana sang surya mulai tenggelam, dan seolah-olah berkata, ”sampai bertemu lagi!” Tak hanya itu, malam pun menyuguhkan ketenangan bersama dinginnya semilir angin, sang rembulan, dan beberapa bintang. Tuhan, sungguh patut disyukuri ciptaanmu ini. 

 Memang tiada habisnya jika kita membahas tentang keindahan langit. Hampir semua orang menyukai hal-hal yang ada di langit. Seperti awan, bulan, Milky Way, dan bintang. Tidak membosankan memang, bukan hanya keindahannya, tetapi menikmati pemandangan langit juga ada manfaatnya lho, contohnya mendamaikan jiwa, pikiran, dan hati.

Kalian menemukan istilah asing bukan dari teks diatas? Ya, Milky Way. Apa sih Milky Way itu? Mari simak pembahasannya.

 Mengenal Milky Way

Milky Way dalam bahasa indonesia disebut Bima Sakti, yaitu nama galaksi milik Indonesia. Bima sakti adalah galaksi spiral yang besar, yang didalamnya terdapat Tata Surya. Termasuk dalam tipe Hubble SBbc atau sistem pengklasifikasian morfologi pada galaksi, memiliki 100-400 miliar bintang, dan memiliki diameter sekitar 200.000 tahun cahaya. Dikabarkan di pusat galaksi terdapat lubang hitam supermasif (Black Hole). Struktur MIlky Way terdiri dari pusat galaksi, lengan-lengan galaksi, dan halo. Letaknya di arah rasi Sagitarius, dan merupakan bagian yang paling terang, karena berdekatan dengan banyak bintang.

 Mengapa Disebut Milky Way?

Karena Milky way berasal dari bahasa Latin Via Lactea, dan diambil lagi dari bahasa Yunani Galaxias Kyklos yang berarti jalur susu. Milky Way merupakan bahasa Inggris nya, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut Bima Sakti. Disebut Milky Way karena memiliki bentuk menyerupai jalur susu.

 Dimana Kita Dapat Menikmati Keindahan Milky Way?

Tidak perlu jauh-jauh ke luar Negri, kita dapat menikmati Milky Way di Indonesia. berikut tempat-tempatnya:

1. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Kalian bisa menikmati Milky Way di atas Jembatan Merah Mutih, Candi Arjuna, dan Gunung Prau. Milky way akan tampak jelas sekitar pukul 22.00 sampai menjelang, matahari terbit.         

2. Gunung Gede, Jawa Barat

Gunung Gede termasuk dalam Favorit para pendaki, karena keindahan langit malamnya. Kalian bisa menikmati Milky Way di Taman Nasional Gede Pangraro, tepatnya di Alun-Alun Surya Kencana.

3. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Dijuluki Kampung Diatas Awan, karen terletak diatas ketinggian 12000 mdpl. Meskipun sudah ada listrik di Desa ini, namun masih minim cshsys, dikarenakan penduduknya hanya berkisar 625 orang. Sangat cocok untuk menikmati ribuan bintang di langit malam.

4.Gunung Bromo, Jawa Timur

Tidak hanya untuk menyaksikan Sunrise, Bromo juga bisa digunakan untuk menyaksikan Milky Way di waktu tertentu. Milky Way bergerak dari timur menuju barat. Pada bulan Januari hingga Agustus, Milky Way nampak sekitar pukul 01.00 hingga 04.00. Sedangkan pada bulan September hingga Desember akan nampak sekitar pukul 19.00 hingga 23.00.

5.Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Merupakan Kawah Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terletak pada ketinggian 2000 mdpl. Milky Way mudah ditemui di tempat ini. 

6. Tanjung Papuma, Kecamatan Wuluhan

Beda dari yang lain, bukan di gunung lagi, tapi kita dapat melihat Milky Way di Pantai. Berada di 45 Kilometer Selatan kota Jember. Kalian akan disuguhkan pasir putih dan terdapat pulau di tengah laut yang dinamai Pulau Kodok.

7. Ranu Kumbolo, Gunung Semeru

Danau air tawar yang berada di kaki Gunung Semeru merupakan tempat transit para pendaki. Sembari istirahat, kalian akan disuguhkan keindahan Milky Way di langit malam.

8. Pulau Kanawa Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Pulau kanawa merupakan pulau kecil yang dapat dicapai menggunakan perahu. Di pulau ini listrik sangat dibatasi, listrik dihidupkan pukul 18.00 hingga 23.00. Setelah Itu listrik dipadamkan dan akan gelap gulita, dan hanya menyisakan cahaya bintang serta milky way.

Banyak sekali bukan tempat berburu Milky Way? Ayo siapkan ranselmu dan pilih destinasi keinginanmu. Alam sangat menakjubkan. Nikmati Keindahan yang disuguhkan Tuhan.