Cara Membersihkan Sofa Agar Tetap Awet

Sofa menjadi salah satu furniture rumah yang bisa dibilang harganya lumayan mahal. Harga barang yang mahal pastinya membuat kamu menginginkan agar sofa dirumahmu tahan lama dan awet. Untuk itu kamu harus melakukan beberapa perawatan dan pembersihan untuk menjaga keawetan dari sofa. Sofa yang sering diduduki setiap hari pastinya akan mudah kotor, oleh karena itu kamu harus rajin membersihkannya supaya tetap awet.

Sofa kebanyakan terbuat dari kain katun, woven, atau polyester, tetapi ada juga yang terbuat dari kulit. Tak jarang beberapa orang juga menyukai sofa yang terbuat dari kulit baik kulit asli ataupun kulit sintetis. Namun, perawatan sofa kain dan sofa kulit secara umum tidaklah jauh berbeda, hanya saja untuk sofa kulit ada beberapa langkah perawatan ekstra.

Berikut cara membersihkan sofa agar tetap awet yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan cairan pembersih

Cara Membersihkan Sofa Agar Tetap Awet

Kotoran yang menempel pada sofa bisa berupa noda makanan ataupun minuman, debu, keringat dan lainnya. Jika terdapat noda yang susah dibersihkan pada sofa, kamu bisa menggunakan cairan pembersih seperti deterjen cair untuk mengangkatnya. Caranya yaitu campurkan cairan pembersih dengan air hangat terlebih dahulu, lalu semprotkan cairan tadi ke sofa yang bernoda dan lap menggunakan kain bersih. Jika ada kotoran yang membandel kamu bisa menyikatnya dengan sikat gigi.

2. Menggunakan Cuka

Cara Membersihkan Sofa Agar Tetap Awet

Cara yang kedua yang bisa kamu coba dalam membersihkan sofa yaitu dengan menggunakan cuka. Cuka dapat menghilangkan noda membandel pada sofa, cara penggunaanya yaitu cukup teteskan cuka pada permukaan sofa yang terdapat noda. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan gosok menggunakan kain bersih secara perlahan.

3. Memakai vacuum cleaner

Tanpa kamu sadari sofa di rumahmu pasti terdapat remahan snack yang tersisa akibat makanan yang jatuh ketika kamu makan diatas sofa. Oleh karena itu, diperlukan vacuum untuk menyedot rempah-rempah makanan dan juga debu yang berada di sisi kanan dan kiri sofa. Untuk memudahkan pembersihan debu untuk sofa sebaiknya gunakan vacuum cleaner yang bisa dipegang alias handheld.

4. Menggunakan tisu basah

Jika kamu tidak sengaja menjatuhkan minuman ke sofa, segera lap menggunakan tisu basah untuk menghilangkan noda. Tujuannya yaitu supaya noda minuman tadi tidak menjadi noda membandel yang sulit dibersihkan. Tisu basah yang lembut tidak akan merusak permukaan sofa, setelah dilap menggunakan tisu basah jangan lupa untuk mengeringkan sofa.

5. Menggunakan Alkohol

Setelah membersihkan noda di sofa menggunakan tisu basah, kamu juga bisa menggunakan alkohol. Tujuan dari pemakaian alkohol ini yaitu agar sofa yang basah bisa cepat kering kembali seperti semula. Cara penggunaanya juga cukup mudah kamu hanya perlu menyemprotkan alkohol ke sofa yang basah, alkohol cepat menguap sehingga sofa mudah kering.

6. Memakai pasta

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan pasta. Caranya hanya dengan menyemprotkan pasta pada bagian sofa yang kotor, lalu tunggu beberapa saat. Setelah itu, bersihkan menggunakan kain bersih, usap hingga kotoran pada sofa hilang.

7. Memakai air sabun

Kamu juga bisa memanfaatkan air sabun untuk membersihkan sofa baik air sabun pencuci piring ataupun sabun lainnya. Campurkan sabun dengan air, lalu sikat halus untuk membersihkan kotoran di sofa. Gunakan sabun secukupnya agar noda bisa hilang, jangan sampai sofa terlalu basah karena sabun.

Ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk membersihkan sofa, jadi jangan malas untuk membersihkannya ya. Setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan sofa agar tetap awet, mungkin kamu juga perlu mengetahui apa yang menyebabkan sofa cepat rusak yaitu.

1. Tidak membersihkan noda pada sofa

Jika terdapat noda pada sofa sebaiknya cepat untuk dibersihkan, jangan sampai noda menjadi mengering dan sulit untuk dibersihkan. Jika kamu tidak merawatnya dengan baik, dan membiarkan noda mengering pada sofa maka sofa tidak akan bertahan lama.

2. Tidak membersihkan sofa secara rutin

Bantalan sofa yang berbahan akan mudah menyerap kotoran, debu dan juga bau jika tidak rajin dibersihkan bisa menyebabkan sofa rusak. Walaupun tumpukan kotoran tidak terlihat, akan tetapi harus tetap rajin dibersihkan secara rutin. Jika kamu rutin membersihkannya, maka sofa juga akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

3. Sering tidur di sofa

Sofa sering digunakan untuk tidur sepanjang malam. Hal ini juga yang menyebabkan sofa menjadi cepat rusak, karena sofa tidak didesain untuk melakukan tugas ini. Sofa yang sering ditiduri akan memiliki rangka dan bantalan yang lebih kempes, jika terus dilakukan berulang maka bantalan dan rangka sofa akan cepat rusak.

Demikian artikel mengenai cara mencuci sofa agar tetap awet. Jika kami tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan sofa secara manual. Kamu bisa menggunakan layanan cuci karpet Bandung. Layanan tersebut dapat membentu kamu dalam membersihkan sofa, karpet, dan perabotan lain yang ada di rumah. Jadi, kamu tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk membersihkan sofa sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *