cara membersihkan sofa

Cara Membersihkan Sofa Agar Tidak Menjadi Sarang Kuman

Perlukah membersihkan sofa? Jawabannya iya tentu. Rumah akan merasa lebih nyaman ketika terbebas dari sarang kuman dan penyakit. Akan tetapi, jika lantai rumah Anda terlihat lebih bersih dan mengkilap, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kuman tersebut berkumpul di sofa. Sofa yang jarang Anda bersihkan inilah yang menjadi sarang kuman.

Jangan khawatir, disini penulis akan memberikan informasi menarik mengenai cara membersihkan sofa. Yuk simak informasi lengkapnya mengenai cara membersihkan sofa dibawah ini.

Kenapa Harus Menjaga Kebersihan Sofa?

Debu yang berpindah tempat ini jika Anda tepuk-tepuk sofa tersebut, maka debu akan berterbangan dan membuat hidung menjadi gatal. Selain itu juga sofa mudah ditumbuhi jamur dan akan dipenuhi dengan kuman penyakit. Oleh karena itu, penting juga dalam membersihkan sofa agar sofa tetap aman dan nyaman digunakan.

Semakin lama Anda membiarkan kuman menempel pada sofa, maka jamur yang menempel akan semakin bertambah banyak dan akan dipenuhi bintik-bintik berwarna hijau. Selain itu juga sofa akan cepat rusak dan mengganggu kesehatan Anda.

Cara Membersihkan Sofa

Berikut ini beberapa cara membersihkan sofa yang benar agar terhindar dari kuman penyakit.

1. Membersihkan Sofa dengan Vacum Cleaner

Cara pertama yang dapat Anda terapkan di rumah yaitu dengan menggunakan vacuum cleaner. Mungkin selama ini Anda hanya membersihkan sofa dengan menggunakan kemoceng saja. Akan tetapi, cara tersebut tidak ampuh digunakan untuk membersihkan kuman dan jamur dengan bersih. Pasti masih ada bekas dan sisa-sisa yang menempel pada sofa.

Untuk memastikan apakah masih ada kuman jamur atau tidak, Anda perlu menggunakan vacuum cleaner untuk membasmi kuman. Cara ini dapat Anda lakukan agar kuman terbasmi dengan tuntas. Gunakan vacuum cleaner berjenis handheld agar dapat menjangkau bagian sela-sela sofa.

Pastikan Anda membersihkan sofa dengan bersih. Jangan bersihkan hanya permukaannya saja, akan tetap bersihkan juga bagian dudukannya, bagian dalam, dan celah-celah sofa.

2. Membersihkan Sofa Dengan Mencucinya Pakai Detergen

Cara yang satu ini sangat efektif dilakukan apabila terdapat noda yang membandel pada sofa. Contohnya yaitu makanan, coklat ataupun minyak. Berikut ini cara membersihkan sofa agar benar-benar bersih.

  • Pindahkan sofa keluar ruangan misalnya di halaman rumah. Berilah alas bawah sofa dengan koran atau kertas lainnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran serta debu yang bisa mengotori rumah. Atau bisa berpindah ke perabotan lain pada dalam ruangan.
  • Siapkan produk pembersih berupa wadah, spons, sikat, detergen dan jangan lupa memakai sarung tangan.
  • Cara membersihkan sofa yang pertama kali yaitu sikatlah area yang kotor pada sofa dengan menggunakan sikat sampai sofa terlihat bersih.
  • Kemudian campurkan 1 liter air hangat dengan setengah sendok detergen di dalam wadah.
  • Lalu aduk sampai rata serta masukkan spons. Setelah itu oleskan ke bagian sofa yang kotor agar menghilangkan noda.
  • Jika sudah, bilas spons dengan menggunakan air lalu kembali gosokkan pada sofa sampai benar-benar bersih.
  • Biarkanlah sofa mengering di bawah sinar matahari.

Anda perlu ingat bahwa cara di atas adalah untuk sofa yang mempunyai bahan kain. Anda dapat menggunakan pembersih khusus kulit serta lap pada bagian sofa kulit yang kotor. Dan hindari membersihkan sofa kulit dengan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung. Karena hal itu dapat membuat sofa kulit mengalami kerusakan.

3. Membasmi Noda Membandel Dengan Menggunakan Cuka

Cara selanjutnya yang dapat Anda coba untuk membersihkan sofa yaitu dengan menggunakan cuka. Pasti Anda sudah pernah mendengar manfaat cuka sebagai bahan pembersih rumah. Nah, cara ini dapat Anda lakukan untuk membersihkan noda atau kuman yang menempel pada sofa.

Berikut beberapa cara yang digunakan untuk membersihkan noda pada sofa menggunakan cuka sebagai berikut :

  • Siapkan air putih dan cuka dengan perbandingan yang sama yaitu 1:1.
  • Gunakan sarung tangan agar tetap steril.
  • Campurkan cuka dengan air putih ke dalam botol yang dilengkapi dengan semprotan.
  • Aduk hingga merata dan tercampur.
  • Semprotkan larutan cuka tersebut ke bagian sofa yang ingin dibersihkan.
  • Gosok secara perlahan dengan menggunakan lap.
  • Biarkan sofa mengering.

Pemakain cuka ini dinilai kurang efektif dalam membersihkan kuman pada sofa. Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya gunakan cairan khusus yang dilengkapi dengan disinfektan.

4. Jagalah Sofa Supaya Tetap Kering

Jika sofa Anda sudah kering, maka sudah saatnya Anda mengubah tempat Anda meletakan sofa tersebut. Sebaiknya letakan sofa di dekat jendela. Hal ini bertujuan supaya mencegah kain dari sofa menjadi lembab. Selain itu hal ini juga penting agar membunuh jamur serta kuman tertentu yang masih tersisa di sofa Anda.

Jika sofa Anda terkena tumpahan air dan basah maka segeralah untuk mengeringkan sofa tersebut. Anda bisa mengeringkan dengan cara menggunakan kipas angin atau juga menjemur sofa di luar rumah.

5. Sering Mengganti Bantal di Sofa

Jika di sofa Anda terdapat beberapa bantal maka jangan lupa untuk sesering mungkin menggantinya. Tak perlu sampai mengganti bantalnya tetapi cukup sarung bantalnya saja.

Sama juga dengan sofa itu sendiri, bantal di sofa juga sering terkena kontak langsung dengan kulit kita. Maka dari itu, menjaga kebersihan bantal di sofa dengan cara sering mengganti sarung bantalnya memanglah sangat penting.

6. Jangan Lupa Untuk Membersihkan Secara Rutin

Membersihkan sofa di rumah tidaklah hanya menjelang lebaran saja. Namun Anda tetap harus membersihkannya secara rutin. Anda dapat melakukannya dengan menyedot debu di sofa kira-kira seminggu sekali.

Lain halnya dengan menjemur sofa, Anda dapat menjemur sofa dengan menyesuaikan kedinginan di tempat Anda. Paling tidak minimal Anda menjemur sofa satu bulan sekali.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan sofa yang baik dan benar yang dapat Anda terapkan di rumah. Rajinlah membersihkan rumah Anda agar terhindar dari kuman penyakit.

Bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan sofa secara manual. Anda bisa menggunakan Jasa Cuci Sofa Jogja, layanan ini akan membantu Anda dalam menjaga kebersihan sofa secara berkala.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *