Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Galaksi: Pengertian, Ciri-Ciri & Galaksi yang Paling Dikenal

Pada dasarnya, planet bumi yang kita tinggali ini, merupakan satu diantara planet lain yang ada pada suatu tata surya. Dalam tata surya ini, tentu masih ada planet lainnya, termasuk juga Bumi. Tak meliputi planet saja, ada juga meteor, satelit, komet, asteroid, tapi itu tadi merupakan beberapa dari jutaan bintang yang ada dan tergabung dalam satu kelompok galaksi. 

Pada alam semesta ini, ternyata galaksi tak hanya satu saja. Namun terdapat galaksi dengan jumlah yang banyak, tetapi dengan keterbatasan ilmu pengetahuan yang ada, baru ratusan galaksi saja yang diketahui. 

Tapi, galaksi itu apa sih? agar lebih paham lagi Anda dapat simak ulasan terkait yang telah disiapkan berikut ini. 

 

Pengertian Galaksi

Galaksi sendiri merupakan suatu sistem bintang dengan skala ukuran yang besar, disusun dari bintang dengan jumlah yang tak dapat kita hitung. Bintang-bintang ini juga masuk pada bintang tunggal atau juga gugusan bintang. Planet itu sendiri bukanlah suatu bintang, karena tak dapat mengeluarkan cahaya sendiri. 

Anda juga tahu, pusat dari tata surya yang kita tinggali ini merupakan Matahari. Planet-planet lain juga bumi bersama Matahari berputar sejalan dengan garis edar (orbitnya) pada satu galaksi yakni galaksi Bima Sakti. Dan kesimpulannya semua manusia yang bertempat di planet Bumi ada di galaksi, yang dinamakan galaksi Bima Sakti. 

 

Ciri-Ciri Galaksi

Tak banyak orang yang tahu perbedaan kabut kosmis dengan galaksi atau juga dengan nebula biasa. Berikut ulasan terkait ciri-ciri dari galaksi yang dapat Anda simak.

– Suatu galaksi mempunyai cahaya mereka sendiri, dan bukan suatu pantulan. Cahaya ini juga akan memberi spektrum penyerap yang berarti jika benda yang bersinar tadi merupakan suatu benda padat yang diselimuti suatu gas tertentu.

– Pada sebuah galaksi, terdapat bentuk yang mana pada bagian inti pusatnya bercahaya, sampai mudah diketahui.

– Sebuah galaksi yang ada, akan dapat dilihat dari jalur luarnya Kali Serayu, entah seberapa jauh dari Matahari.

 

Nama Galaksi yang Paling Dikenal

1.Bima Sakti

Di galaksi inilah kita hidup, galaksi dimana planet Bumi berada. Tak beda halnya pada galaksi lain, galaksi Bima Sakti juga sama-sama tersusun atas miliaran bintang, kosmis gas, debu dan banyak lagi dan tentu penyebarannya tidaklah merata. 

Anda juga bisa melihat kumpulan bintang pada galaksi ini dengan mata telanjang saja, utamanya ketika melihat disaat malam hari.. 

Pusat dari galaksi Bima Sakti merupakan area dimana sangat terang serta diselimuti oleh kabut, dan hanya akan terlihat pada gelombang inframerah. Pada pusat galaksi ini, terdapat bahan juga bintang dimana ini memiliki bentuk yang mirip dengan piring, dan dengan garis tengahnya berkisar pada angka 80.000 tahun cahaya. 

 

2.Andromeda (M31)

Galaksi kedua yang terkenal yakni Andromeda, ini karena galaksi tersebut dapat dilihat langsung yang artinya tidak memerlukan alat. Galaksi Andromeda dengan galaksi dimana kita tinggal ini terdapat kesamaan yakni pada bentuknya yang spiral, jarak yang perlu ditempuh untuk kesana yakni 2,5 juta tahun cahaya.

Untuk nama lain dari Andromeda yakni Messier 31. Messier merupakan astronom dari Perancis, yang jadi orang pertama dalam mencatat Andromeda saat tengah melakukan penyelidikan pada keberadaan galaksi yang berada di alam semesta. 

 

3. Magellan Besar dan Kecil

Berjarak berkisar 150 ribu tahun dan ada di bagian langit selatan. Dengan berdekatannya galaksi ini dengan Bima Sakti, kerap kali galaksi Magellan ini dianggap satelit dari galaksi yang kita tinggali ini. Kedua galaksi ini diberi nama sesuai seperti penemu mereka Magellan, tepatnya astronom Ferdinand Magellan asal Portugal.

Tak sedikit juga yang menganggap galaksi ini bagian dari Bima Sakti, karena jarak yang dekat tersebut. Padahal aslinya tidak seperti itu.

 

4. Sombrero

Memang jika dilihat sepintas saja, galaksi dengan bentuk spiral ini terlihat layaknya topi sombrero, dan begitulah kenapa disebut demikian. Untuk nama lain dari galaksi ini bernama Messier 104 (M104), yang jaraknya dari galaksi kita berkisar 28 juta tahun kecepatan cahaya. 

Terlihat seperti tonjolan besar yang tengahnya dikelilingi oleh kabut, ini merupakan pusatnya. Inti dari galaksi Sombrero ini sangatlah cerah. Banyak yang diperbaiki jika tonjolan tengah pada pusatnya merupakan lubang hitam supermasif, selain itu astronom profesional juga tertarik akan jalur debu yang ada.

 

5. Mawar (ARP 273)

Disebut demikian karena bentuk dari galaksi ini menyerupai bunga mawar, serta berada pada rasi bintang Andromeda. Galaksi The Rose ini punya 2 galaksi, yakni UGC 1813 dan UGC 1810. Dimana pada galaksi UGC 1810 punya ukuran lebih besar dengan cakram yang terlihat seperti bunga mawar.

Dan pada UGC 1813 yang tepatnya berada dibawah UGC 1810 punya bentuk lebih kecil serta terlihat tanda-tanda jika proses dari pembentukan bintangnya berbeda dari umumnya. 

 

6. Pematung (NGC 253)

Bentuk dari Sculptor ini punya bentuk spiral, galaksi ini juga disebut-sebut jadi galaksi paling redup juga paling terang. Letaknya ada di rasi bintang Sculptor selatan dengan jarak berkisar di angka 8 juta tahun cahaya. Terdapat banyak debu pada Sculptor, sampai-sampai debut tadi sering naik dari piringan pada galaksi tersebut. 

 

7. Mata Hitam (M64)

Alasan kenapa disebut Black Eye karena pada galaksi ini terdapat pita gelap yang luar biasa dalam melakukan penyerapan pada debu yang berada pada depan dari inti terang galaksi Black Eye ini. 

Diperkirakan juga pita gelap itu terbentuk sebagai hasil ketika bertabrakan melawan galaksi lain. Sama juga dengan Sombrero, penemu galaksi Black Eye ini adalah Charles Messier.

 

Itulah tadi pembahasan terkait nama galaksi di alam semesta yang paling terkenal, tentu menarik bukan. Masih ada banyak galaksi lain tentunya, bahkan yang belum ditemukan sebab ilmu pengetahuan yang terbilang masih terbatas ini.