Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Gerhana Bulan Penumbra dan Sebagian, Apa yang Membedakan?

Di alam semesta tentu banyak fenomena atau kejadian menakjubkan yang sering kali terjadi. salah satu dari fenomena langka tersebut yaitu gerhana bulan. Gerhana bulan merupakan suatu fenomena langka dimana bumi ada di antara bulan dan matahari. Untuk melihat gerhana bulan ini tidak diwajibkan untuk mengenakan teleskop, teropong atau alat khusus lainnya. Akan tetapi, jika Anda menginginkan untuk melihat secara detail gerhana bulan, Anda memerlukan alat-alat tersebut.

Bayang-bayang dari bumi ada dua macam yaitu penumbra dan umbra. Bayangan penumbra merupakan bayangan-bayangan yang terbentuk di sekitar umbra, sedangkan untuk bayangan umbra merupakan bayangan inti dan kedua bayangan muncul pada saat gerhana bulan tiba.

Terjadinya fenomena ini terjadi berawal saat bayangan dari bumi mulai menutupi permukaan bulan. Akibatnya, bulan sendiri tidak bisa untuk memantulkan pancaran matahari. Cahaya dari matahari ke bulan akan tertutup oleh bumi. Gerhana ini sering terjadi pada saat bulan purnama tiba dan akan terlihat saat sore hari hingga malam hari, disaat fenomena ini telah tiba bulan akan terlihat mengembalikan cahaya matahari. Dengan begitu, bayangan dari bumi akan jatuh pada permukaan bulan pada saat gerhana bulan datang.

Terdapat dua jenis dari gerhana bulan meliputi gerhana bulan penumbra dan gerhana bulan sebagian. Mari kita simak untuk penjelasan kedua jenis gerhana bulan yakni sebagai berikut:

 

Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra yaitu sebuah kejadian di angkasa yang terjadi ketika pada saat posisi bulan berada tepat dengan posisinya yaitu garis lurus dengan matahari dan juga bumi. Dengan demikian, posisi sejajar itulah yang menjadi penyebab bulan berada pada bayangan penumbra bumi, dan akibatnya warna dari bulan itu sendiri akan terlihat lebih redup.

Banyak orang yang mengatakan bahwa gerhana bulan penumbra kurang menarik untuk disaksikan bahkan jika ingin melihatnya secara jelas Anda sangat memerlukan alat khusus, sebab gerhana ini sangat redup dan hanya terlihat seperti arsiran yang samar-samar.

Sederhananya, proses saat terjadinya gerhana bulan penumbra yaitu meredupnya cahaya dari bulan yang disebabkan seluruh bagian bulan berada tepat di bagian bayangan penumbra.

Akan tetapi walaupun terlihat redup, gerhana ini dapat disaksikan dalam waktu beberapa jam. Lamanya dari proses gerhana bulan penumbra ini dikarenakan daerah pada bayangan bumi yang menghalangi orbit bulan sangat luas.

 

Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian atau disebut juga dengan gerhana bulan parsial merupakan suatu fenomena angkasa yang terjadi jika bumi ini tidak sepenuhnya menghalangi bulan dari pancaran matahari atau dengan kata lain tidak berada di satu garis lurus. Alasan mengapa gerhana ini terjadi yaitu dikarenakan hanya sebagian permukaan bulan saja yang berada di bagian bayangan penumbra. Dari hal ini membuat bayangan dari bumi terlihat di permukaan bulan seakan sedang memakan sebagian dari permukaan bulan.

Dengan begitu, masih terdapat sebagian pancaran dari matahari yang masuk menuju permukaan bulan. Gerhana ini berbeda dengan gerhana penumbra karena gerhana tersebut bisa dilihat secara langsung tanpa memerlukan alat bantuan apapun.

 

Apa Perbedaan Gerhana Bulan Penumbra dan Sebagian?

Sesuai yang sudah dijelaskan diatas bahwa dari kedua perbedaan gerhana tersebut yaitu jika bayangan gerhana penumbra itu hanya terlihat samar-samar seperti sebuah arsiran halus pada bulan dan sangat memerlukan alat khusus, sedangkan gerhana sebagian dapat dilihat dengan jelas secara langsung dengan mata atau dengan kata lain tidak memerlukan alat bantuan khusus dan keunikan dari gerhana ini terlihat seperti bumi sedang menggigit bulan.

Selain dari perbedaan bayangan yang terlihat, ada hal lain yang membedakan yaitu pada berapa lama waktu untuk menyaksikan kedua nya. Perlu Anda ketahui bahwa untuk menyaksikan gerhana penumbra lebih lama dibanding gerhana sebagian. Dikarenakan gerhana bulan penumbra sangat luas dan Anda bisa menyaksikannya pada sore hari bahkan sampai malam hari.

Demikian penjelasan mengenai pengertian gerhana penumbra dan gerhana total serta hal yang membedakan. Perlu Anda ketahui bahwa terjadinya fenomena gerhana bulan dapat diprediksi. Maka dengan itu bersiaplah untuk untuk menyaksikan fenomena langka ini di waktu mendatang. Dengan ini, semoga dapat memberikan informasi yang lengkap dan bisa memberikan manfaat untuk Anda.