Jam Buka :

Senin - Jumat 07.30-16.00

Telepon :

(021) 4892802

Inilah Planet Kepler-186F : Planet Asing yang Mirip Bumi

Tahukah Anda bahwa para ilmuwan sudah menemukan planet asing yang mirip dengan bumi yang sedang kita huni ini. Para ilmuwan luar angkasa dari NASA sudah menemukan planet asing sebanyak 2.000 sejak tahun 1995.

Dijelaskan juga bahwa ternyata ada banyak planet hampir sama dengan bumi, keberadaanya ada pada seluruh galaksi bima sakti. Bahkan di sebutkan ada sekitar 8 planet yang cukup mirip dengan bumi.

Salah satu planet yang paling mirip adalah kepler-186F ditemukan pada 2014 oleh kepler NASA, tidak hanya itu planet ini juga dikonfirmasi memiliki potensi menopang kehidupan. Nah, untuk mengetahui penjelasannya mengenai planet kepler-186F lebih lanjutnya, pada ulasan berikut ini.

 

Planet Kepler-186f

Ukuran dari planet kepler-186F hampir sama dengan bumi, namun lebih besar planet ini yang berada pada sistem bintang dan di permukaannya terdapat air cair bisa. Bahkan para astronot mengklaim bahwa kepler-186F ini dapat dihuni.

Karena adanya kemungkinan memiliki atmosfer yang bisa membantu air cair di permukaan tetap terjaga. Namun planet tersebut bisa membeku karena ada di tepi zona layak huni, tidak hanya itu bisa saja ukurannya yang besar juga berkemungkinan terdapat atmosfer tebal. 

Dari lima planet yang ada di tata surya, salah satunya ada kepler-186F yang letaknya dari bumi sekitar 490 tahun cahaya. Sedangkan untuk planet baru ekstrasuryanya mengorbit dari matahari kira-kira 52,4 juta kilometer.

Pengorbitan bintang katai merah pada planet Kepler-186F, membutuhkan waktu sekitar 130 hari dan untuk planet yang mengorbit pada bintang tidak ada di zona goldilocks. Perlu Anda ketahui juga bahwa, planet ini cahayanya lebih redup dibandingkan dengan matahari.

Namun bintang yang ada pada planet tersebut tidak sama dengan matahari, menurut para ilmuwan meskipun karakteristiknya sama dengan bumi, tetapi berbeda induknya. Bahkan planet ini juga di sebut-sebut sebagai kembaran dari bumi.

Ada fakta yang menyatakan juga bahwa bintang pada planet kepler-186F dinginnya lebih dari pada matahari. Ukuran dari bintangnya setengah dari massa matahari, sementara planet yang baru bintangnya cukup jauh dan membuat suar kuatnya tidak memberikan efek pada planetnya.

Apabila kepler-186F mengorbit mengelilingi matahari, planet tersebut akan berjalan pada planet Merkurius. Hal ini disebabkan karena bintang yang panjang menjadi rentang hidup, NASA juga mengatakan bahwa pada siang hari cahaya bintang di planet ini lebih terang seperti satu jam sebelum cahaya matahari yang akan tenggelam.

 

Planet Lain yang Mirip Dengan Bumi

Selain planet Kepler-186F, ada juga planet lainnya yang mirip dengan bumi. Apa saja planetnya? berikut ini penjelasannya.

1. Planet Kepler-22b

Planet ini letaknya ada pada 600 tahun cahaya, kepler-22b adalah planet yang ditemukan pertama saat di zona layak huni bintang induknya. Besarnya kira-kira 2,4 kali dari pada ukuran bumi kita, belum ditemukan kejelasan mengenai planet tersebut apakah berbatu, gas, atau cair dan waktu untuk mengorbit 290 hari.

2. Planet Gliese 667Cc

Letak planet ekstrasuryanya dari bumi hanya 22 tahun cahaya, dibandingkan dengan bumi ukurannya lebih besar 4,5 kali. Namun para ilmuwan juga belum memastikan apakah berbatu atau tidaknya.

Orbit pada bintang induknya hanya diselesaikan planet Gliese 667Cc dalam waktu 28 hari, tetapi bintangnya jauh lebih dingin dari matahari karena jauhnya katai merah. Selain itu, di Chili lebih tepatnya di European Southern Observatory Gliese 667Cc ini ditemukan pada teleskop 3,6 meter mengorbit dengan dekat.

3. Planet Kepler-69c

Selanjutnya ada planet Kepler-69c yang memiliki jarak 2.700 tahun cahaya atau lebih tepatnya besarnya 70% daripada bumi. Dalam satu kali mengorbit membutuhkan waktu 242 hari, posisinya pada tata surya hampir sebanding dengan planet Venus.

Tetapi bintang induknya 80%cahayanya lebih terang dari matahari, sehingga membuat planet Kepler-69c seperti pada zona layak huni. 

4. Planet Kepler-62f

Planet lain yang 40% lebih besar dibandingkan bumi, adalah kepler-62f bahkan bintang yang mengorbit lebih dingin dari matahari. Lama pengorbitannya 267 hari dan terletak pada zona layak huni.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai planet kepler 186f yang mirip dengan bumi yang kita huni sekarang ini. Semoga penjelasan yang kami berikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda. 

Didukung Oleh :