Jam Buka :

Senin - Jumat 07.30-16.00

Telepon :

(021) 4892802

5 Lokasi Terbaik Menyaksikan Gerhana Bulan di Indonesia

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang selalu mengundang decak kagum dan kekaguman. Bagi para pecinta astronomi dan penggemar keindahan langit, momen ketika bulan terhalangi oleh bayangan Bumi adalah saat yang dinanti-nantikan. 

Di Indonesia, negara yang kaya akan keindahan alam dan langit yang terang benderang, terdapat beberapa lokasi yang sangat cocok untuk menyaksikan fenomena alam yang memukau ini. Dari pantai-pantai indah hingga perbukitan yang menakjubkan. Disini kita akan merekomendasikan lima lokasi terbaik di Indonesia yang cocok untuk menyaksikan keindahan gerhana bulan.

5 Lokasi Terbaik Menyaksikan Gerhana Bulan di Indonesia

Meskipun sering diidentikkan dengan keindahan tropisnya, Indonesia juga menawarkan lokasi-lokasi yang ideal untuk menyaksikan keajaiban langit ini. Berikut adalah lima lokasi terbaik yang ada di Indonesia untuk menyaksikan gerhana bulan: 

1. Bukit Putra Tengah

gerhana bulan di

Bukit Putra Tengah, yang terletak di Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 956 meter di atas permukaan laut, bukit ini menawarkan pengalaman yang memukau bagi para pengamat langit. Terletak jauh dari polusi cahaya kota, Bukit Putra Tengah memberikan lingkungan yang ideal untuk observasi langit malam yang cerah dan jernih.

Saat malam tiba dan langit mulai gelap, Bukit Putra Tengah menyuguhkan pemandangan langit yang menakjubkan. Dengan minimnya gangguan cahaya, pengamat dapat melihat langit yang dipenuhi dengan gemerlap bintang-bintang. Ketika gerhana bulan terjadi, bulan akan muncul dengan gemerlapnya di tengah langit yang gelap, menciptakan pemandangan yang luar biasa indah.

Namun, yang membuat pengalaman di Bukit Putra Tengah begitu istimewa adalah atmosfer yang diciptakan oleh bukit tersebut. Terkadang, bukit ini dikelilingi oleh awan-awan yang menambah dramatisme pada pemandangan gerhana bulan. Ketika bulan mulai tersembunyi di balik awan-awan itu, muncullah suasana menakjubkan yang sulit dilupakan, di mana bulan muncul dan tenggelam di antara goyangan awan, menciptakan nuansa yang sangat dramatis dan romantis.

2. Padang Savana Malabar

Padang Savana Malabar

Padang Savana Malabar, yang terletak di Lembang, Jawa Barat, merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan untuk menyaksikan gerhana bulan di Indonesia. Luasnya savana ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang spektakuler, tetapi juga kondisi lingkungan yang ideal untuk observasi astronomi.

Terletak jauh dari jangkauan polusi cahaya kota, Padang Savana Malabar memberikan pengamat langit kesempatan untuk menikmati langit malam yang cerah dan jernih. Dengan minimnya gangguan cahaya buatan manusia, pengamat dapat melihat dengan jelas langit yang dipenuhi dengan bintang-bintang.

Saat gerhana bulan terjadi, Padang Savana Malabar menawarkan latar belakang yang sempurna untuk menyaksikan fenomena alam yang langka ini. Dengan langit yang sering cerah di sini, pengamat akan dapat melihat bulan saat ia bergerak melintasi langit dengan jelas dan tanpa gangguan. Pemandangan bulan yang disertai oleh latar belakang savana yang luas dan hijau menciptakan pengalaman yang memukau dan tak terlupakan bagi siapapun yang berada di sini.

Tidak hanya itu, Padang Savana Malabar juga menawarkan suasana yang tenang dan damai, yang menambah nilai pengalaman menyaksikan gerhana bulan di tempat ini. Dikelilingi oleh kehijauan savana dan terkadang dihiasi oleh gemerlapnya bintang, pengamat akan merasakan kedamaian yang sulit didapat di tempat lain.

3. Pantai Baron

Pantai Baron
Pengunjung berada di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (31/12/2021). Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melarang kegiatan perayaan malam Tahun Baru 2022 untuk mengantisipasi kerumunan di sejumlah destinasi wisata sebagai upaya penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.

Pantai Baron, yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta, bukan hanya menjadi destinasi populer karena ombaknya yang besar, tetapi juga menawarkan pengalaman istimewa dalam menyaksikan gerhana bulan. Terkenal dengan keindahan pesisirnya yang menawan, pantai ini menciptakan suasana yang unik dan romantis di bawah langit malam yang bersih.

Pantai Baron dikenal memiliki ombak yang tinggi, menciptakan latar belakang yang menakjubkan untuk melihat gerhana bulan. Saat bulan mulai tersembunyi di balik awan atau tepat di atas cakrawala, pengamat akan disuguhkan dengan pemandangan yang dramatis dan indah. Deburan ombak yang menghantam pantai menambah keasyikan pengalaman, menciptakan atmosfer yang khas pantai yang sesuai untuk menikmati fenomena langit ini.

Selain itu, langit malam di Pantai Baron cenderung bersih dan bebas dari polusi cahaya, memungkinkan pengamat untuk melihat gerhana bulan dengan jelas. Pemandangan bulan yang bersinar di atas air laut yang tenang, di antara hembusan angin laut yang sejuk, menciptakan momen yang begitu romantis dan mengesankan.

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung, yang terletak di Pacitan, Jawa Timur, muncul sebagai salah satu lokasi terbaik di Indonesia untuk menyaksikan keindahan gerhana bulan. Pantai yang eksotis ini terletak di ujung selatan Jawa Timur dan menawarkan suasana sepi yang sangat jauh dari keramaian kota. 

Dengan lingkungan yang tenang dan minim cahaya buatan, langit malam di Pantai Watu Karung mempersembahkan kejernihan yang luar biasa, menciptakan kondisi ideal untuk mengamati gerhana bulan baik yang total maupun sebagian. Pemandangan eksotis pantai dan deburan ombak yang tenang di tepiannya menambahkan sentuhan romantis pada pengalaman mengamati gerhana bulan.

5. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Langit Gunung Bromo, yang menjulang di Jawa Timur, menawarkan panggung langit yang sempurna untuk menyaksikan keindahan gerhana bulan. Dengan kondisi langit yang seringkali cerah dan minim polusi cahaya, Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi utama di Indonesia untuk menyaksikan fenomena langka ini. 

Saat gerhana bulan terjadi, langit Bromo memberikan pencahayaan ideal yang memperkuat  kejelasan penampakan bayangan bulan. Kawasan Bromo Tengger Semeru yang indah turut menambahkan keajaiban pada pengalaman tersebut, menciptakan momen yang tak terlupakan di bawah langit yang penuh dengan pesona.

Pemandangan spektakuler dari Gunung Bromo tidak hanya memberikan pengalaman luar biasa untuk para pengamat gerhana bulan, tetapi juga menawarkan panorama yang menakjubkan. Gunung yang megah, lautan pasir yang luas, dan keindahan alam sekitarnya menjadi latar belakang yang memikat ketika langit malam memperlihatkan gerhana bulan. 

Dengan demikian, lima lokasi yang telah direkomendasikan mulai dari Bukit Putra Tengah, Padang Savana Malabar, Pantai Baron, Pantai Watu Karung, dan Gunung Bromo menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dalam menyaksikan keindahan gerhana bulan di Indonesia. Dari perbukitan yang sejuk hingga pantai yang indah, setiap sudut negeri menyuguhkan pesona yang berbeda-beda, menciptakan momen langka di bawah langit malam yang bersih dan jernih.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang memukau, lokasi-lokasi tersebut juga memberikan pengalaman yang berkesan bagi pengamat langit dan pecinta alam. Dari gemerlap bintang di Bukit Putra Tengah hingga deburan ombak di Pantai Baron, setiap detik saat gerhana bulan terjadi menjadi berharga dan memukau.

Didukung Oleh :