Jam Buka :

Senin - Jumat 07.30-16.00

Telepon :

(021) 4892802

Mengenal Kelebihan Kompor Listrik Portable untuk Anak Kos

Mengenal Kelebihan Kompor Listrik Portable untuk Anak Kos

Kompor listrik portabel adalah jenis kompor yang gampang digunakan dan mudah untuk dibawa. Dilengkapi dengan baterai atau sumber daya listrik yang dapat diisi ulang sehingga bisa digunakan dimana saja. Kebanyakan anak kost memilih untuk menggunakan jenis kompor ini. Namun, sebelum menggunakan kompor listrik portable, anak kost harus mengetahui cara menggunakannya dengan baik supaya mencegah akan terjadinya bahaya. Berikut adalah tips menggunakan kompor listrik portable yang aman :

  • Periksa kabel listrik terlebih dahulu sebelum menggunakan, hal ini untuk menghindari menggunakan kabel yang rusak dan akan menyebabkan korsleting dan kebakaran
  • Bersihkan kompor listrik portabel setelah digunakan, hal ini untuk menjaga kebersihan dan keamanan dari kompor supaya tidak ada kotoran yang dapat menyebabkan korsleting.
  • Ikuti cara penggunaan yang baik pada kemasan kompor, hal ini dapat membantu mencegah kerusakan dan memperpanjang masa penggunaan

Setelah mengetahui tips menggunakan kompor listrik portable, berikut adalah kelebihan dari kompor listrik portable yang mungkin bisa membantu anda sebelum membelinya. Dengan mengetahui kelebihannya, anda dapat mengetahui apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

Kelebihan Kompor Listrik Portable

1. Portabilitas dan kemudahan penggunaan

Kompor listrik portable memiliki ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah untuk dipindahkan dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Hal tersebut sangat membantu bagi anak kost yang mungkin sering berpindah tempat. Selain itu juga dapat membantu anda yang sedang melakukan piknik, berkemah, dan melakukan perjalanan. Untuk penggunaan dari kompor listrik portable ini sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:

  • Letakkan kompor listrik portable di permukaan yang rata dan tidak mudah terbakar.
  • Hubungkan kabel listrik pada kompor listrik portable ke stop kontak. Pastikan stop kontak atau perangkat yang menyambungkan kompor listrik aman dan sesuai.
  • Setelah terhubung dengan sumber daya listrik, nyalakan kompor listrik dengan menekan tombol on/off yang ada.
  • Sesuaikan suhu sesuai dengan kebutuhan memasak anda.
  • Ketika suhu sudah sesuai, mulailah memasak sesuai dengan keinginan anda.
  • Matikan kompor listrik ketika selesai memasak dengan menekan tombol on/off yang ada. Kemudian lepaskan sambungan kabel listrik dari stopkontak yang digunakan.
  • Jangan lupa untuk membersihkan kompor listrik sebelum disimpan kembali.

2. Efisiensi energi dan keamanan

Efisiensi energi dan keamanan dari kompor listrik portable jangan diragukan lagi, karena kompor listrik portable memiliki kelebihan dan fitur berikut :

  • Mengurangi konsumsi energi dan biaya listrik
    Konversi energi dari listrik ke panas lebih efisien dibandingkan dengan konversi energi dari bahan bakar ke panas. Sehingga kompor listrik portable akan memungkinkan anda untuk menghemat energi dan uang.
  • Tidak ada risiko kebocoran gas atau ledakan
    Kebocoran pada kompor listrik portable tidak mungkin terjadi, karena kompor listrik tidak menggunakan bahan bakar gas melainkan daya listrik. Oleh karena itu, risiko kebocoran gas atau ledakan sangatlah rendah.
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti pengaturan suhu dan proteksi overheat
    Fitur keamanan pengaturan suhu dan proteksi overheat sudah ada pada kompor listrik portable. Fitur keamanan tersebut sangat berguna untuk mencegah terjadinya kebakaran atau gosong pada masakan anda. Ketika suhu mencapai batas yang ditentukan, fitur proteksi overheat akan mematikan kompor secara otomatis.

3. Kemudahan perawatan dan kebersihan

  • Mudah dibersihkan dan dirawat
    Kompor listrik biasanya mudah dibersihkan dan dirawat, terutama jika dibandingkan dengan kompor gas. Beberapa alasan mengapa kompor listrik mudah dibersihkan dan dirawat adalah sebagian besar kompor listrik memiliki permukaan datar, tanpa celah atau sudut yang sulit dijangkau, sehingga mudah dibersihkan. Selain itu juga, menggunakan bahan yang mudah dibersihkan dan tahan lama
  • Tidak meninggalkan sisa residu pada peralatan masak
    Kompor listrik umumnya tidak meninggalkan residu pada peralatan masak seperti panci atau wajan karena tidak menggunakan api terbuka. Dalam penggunaan sehari-hari, sebagian besar jenis kompor listrik menggunakan elemen pemanas berbahan keramik atau kawat yang diletakkan di bawah permukaan datar. Karena tidak adanya api terbuka, tidak ada sisa-sisa pembakaran yang dapat meninggalkan residu pada peralatan masak.
  • Terdapat jasa service kompor listrik portable
    Jika anda menggunakan kompor listrik portable, tersedia layanan perbaikan dan perawatan dari service ariston jakarta untuk menjaga performa dari kompor anda agar tetap optimal.

Itulah kelebihan yang dimiliki oleh kompor listrik portable yang akan memudahkan anda untuk memasak di mana saja dan pastinya mudah dilakukan. Jangan lupa untuk selalu merawat kompor listrik portable anda untuk menghindari kerusakan dan penggunaan dalam jangka waktu yang panjang.

Didukung Oleh :