Lapisan Ionosfer

Mengenal Lapisan Ionosfer Beserta Fungsi Lapisan Ionosfer

Mengenal Lapisan Ionosfer – Menjadi satu-satunya planet yang memiliki karakteristik beda dari yang lain dan juga sangat cocok ditempati oleh semua makhluk hidup, planet bumi tentunya membutuhkan pelindung yang khusus. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan oleh planet pada tata surya di bumi ditempati beragam dan juga banyak sekali makhluk hidup.

Semua makhluk  dan  kelangsungan hidup yang terjadi didalamnya  tidak bisa menerima kondisi ekstrim yang bisa saja terjadi menimpa bumi dari arah luar angkasa sewaktu-waktu. Apabila hal tersebut terjadi dan planet bumi tidak memiliki pelindung maka terdapat kemungkinan besar semua kelangsungan hidup yang terjadi di planet bumi akan musnah.

Agar melindungi bumi serta juga kehidupan yang berlangsung, secara ilmiah bumi sudah mempunyai pelindung. Pelindung dari planet bumi ini adalah sebuah lapisan udara yang selalu menjaga bumi dari segala gangguan yang terjadi dari luar angkasa. Pelindung dari planet bumi ini yaitu berupa lapisan udara yang cukup tebal dan juga mempunyai banyak lapis. Pelindung dari bumi ini merupakan lapisan atmosfer bumi.

Lapisan atmosfer yang akan dibahas disini yaitu lapisan ionosfer atau lapisan termosfer. Lapisan ionosfer ini yaitu sebuah lapisan dari atmosfer yang berada pada urutan nomor empat dari bawah serta mempunyai urutan nomor dua jika dari atas. Berikut ini penjelasan mengenai mengenal lapisan ionosfer beserta fungsi lapisan ionosfer.

Apa Itu Lapisan Ionosfer

Lapisan ionosfer ini juga memiliki nama lain yaitu lapisan termosfer. Sebagian ahli menyebutkan bahwa lapisan ionosfer atau termosfer ini merupakan suatu perpanjangan dari lapisan termosfer. Lapisan ionosfer tidak dianggap sebagai lapisan atmosfer yang terpisah atau juga lapisan yang baru. Mengapa demikian? Hal ini karena keberadaan dari lapisan ionosfer atau termosfer ini berada pada tengah-tengah lapisan atmosfer.

Lapisan ionosfer sendiri juga merupakan salah satu bagian dari lapisan atmosfer planet bumi yang mengalami peristiwa ionisasi. Peristiwa ionisasi ini disebabkan oleh radiasi dari sinar matahari. Selain itu lapisan ionosfer ini yaitu suatu lapisan yang memiliki peranan sangat penting untuk keelektrikan lapisan atmosfer. Kemudian juga memiliki peranan sangat penting dalam membentuk batas dari lapisan magnetosfer.

Baca juga: Review Nama-nama Bintang di Alam Semesta Dari yang Terbesar, Terpanas, Hingga Terindah

Fungsi Lapisan Ionosfer

Lapisan yang menyusun dari lapisan atmosfer bumi adalah suatu lapisan yang memiliki bermacam-macam fungsi. Dan tentunya fungsi ini sangat dibutuhkan makhluk hidup dan terutama manusia. Di setiap lapisan yang menyusun lapisan atmosfer ini memiliki fungsi serta juga manfaat yang berbeda. Begitu juga dengan lapisan yang satu ini.

Pada umumnya, terdapat beberapa fungsi dari lapisan ionosfer yang bisa dirasakan oleh makhluk hidup secara tidak langsung atau juga langsung. Berikut ini beberapa fungsi lapisan ionosfer.

Dapat memantulkan gelombang radio ke planet bumi

Tempat memantulkan gelombang radio adalah fungsi pertama yang dihasilkan oleh lapisan ionosfer dan bisa dirasakan oleh manusia. Dengan adanya fungsi tersebut, maka semua manusia di planet bumi bisa merasakan terdapatnya gelombang radio.

Selain itu tentunya fungsi ini menjadi kabar bahagia untuk seluruh manusia. Hal ini karena dengan terdapatnya gelombang radio, maka komunikasi di planet bumi akan semakin lancar. Semua manusia bisa mengetahui banyak sekali macam informasi yang bisa dinikmati pada radius yang tertentu.

Menjadi lapisan yang bisa melindungi planet bumi dari jatuhnya benda langit

Setiap waktu, terdapat benda langit yang jatuh dan kemudian menimpa planet bumi. Benda tersebut dikenal dengan sebutan meteor. Meteor merupakan benda dari langit yang jatuh dari luar angkasa.

Sebelum benda dari langit ini masuk ke dalam permukaan planet bumi, benda ini terlebih dahulu akan masuk serta melewati lapisan atmosfer bumi. Dan ketika melewati lapisan atmosfer bumi, benda dari langit tersebut nantinya akan bergesekan dengan atmosfer bumi. Yang kemudian saat sampai pada lapisan ionosfer, meteor yang jatuh itu akan terbakar.

Proses pembakaran meteor oleh lapisan ionosfer ini sangatlah berguna. Mengapa demikian? Hal ini karena jika meteor tidak dibakar pada lapisan ionosfer, maka meteor ini akan senantiasa terjatuh sampai dengan ke permukaan bumi.

Dan pastinya Anda telah dapat membayangkan sendiri apa yang nantinya akan terjadi apabila meteor tersebut jatuh dan sampai menimpa ke permukaan bumi. Pastinya permukaan bumi yang terkena jatuhan meteor tersebut akan terbakar dan hancur.

Menjadi lapisan yang dapat menghasilkan cahaya indah, yaitu aurora.

Fenomena alam munculnya aurora yang langka ini terjadi di langit kutub planet bumi. Dan ternyata terjadi karena lapisan ionosfer ini. Aurora ini merupakan cahaya yang sangat indah dan menari-nari pada langit malam di selatan bumi dan juga kutub utara bumi. Jika tidak ada lapisan ionosfer ini maka pastinya tidak ada fenomena alam yang bernama aurora.

Itulah tiga fungsi yang dihasilkan oleh lapisan ionosfer dalam kehidupan makhluk hidup serta juga melindungi planet bumi. Selain ketiga manfaat diatas, terdapat masih banyak lagi fungsi dari lapisan ionosfer ini yang mungkin tidak dapat dirasakan oleh makhluk hidup terutama manusia.

Pembentukan Lapisan Ionosfer

Lapisan atmosfer merupakan lapisan yang tersusun sangat rapi dan memiliki sejarah dalam pembentukannya. Sejarah pembentukan lapisan ini diketahui karena terdapat penelitian oleh para ahli tentang hal tersebut.

Begitu juga dengan lapisan ionosfer, lapisan ionosfer juga memiliki sejarah dalam pembentukannya. Lapisan ionosfer ini terbentuk yaitu karena terdapat sebab dari adanya reaksi kimia. Reaksi kimia inilah yang dapat membentuk lapisan ionosfer. Kemudian hal ini belum dapat dijelaskan secara pasti karena sumber yang menjelaskan mengenai hal tersebut sangatlah terbatas.

Ciri-Ciri Lapisan Ionosfer

Lapisan ini memuat beberapa macam lapisan yang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Dengan demikian, untuk mengenali masing-masing lapisan ini, Anda perlu mengetahui beberapa karakteristik dari masing-masing lapisan tersebut.

Berikut ini beberapa karakteristik dan ciri-ciri khusus terkait dengan lapisan ionosfer yaitu sebagai berikut :

  1. Lapisan ini merupakan salah satu lapisan yang mempunyai atom-atom. Atom tersebut berada pada wilayah yang mengalami ionisasi.
  2. Lapisan tersebut mempunyai suhu di antara 0 derajat sampai dengan 70 derajat Celcius.
  3. Lapisan ini tersusun menjadi 3 lapisan penting. Lapisan tersebut antara lain Lapisan e atau
  4. Lapisan Kennelly yang mempunyai jarak daun ketinggian sekitar 100 hingga 200 km. Sedangkan beberapa sumber juga menyebutkan bahwa lapisan ini berada pada ketinggian 85 hingga 150 km.
  5. Pada lapisan ini sering terjadi proses ionisasi yang mempunyai ketinggian lebih tinggi di lapisan ozon daripada yang lainnya.
  6. Lapisan ini juga mempunyai suhu yang berkisar antara 70 derajat hingga 50 derajat celcius.
  7. Selain itu, lapisan ionosfer ini juga mempunyai lapisan Appleton yang mempunyai ketinggian berada pada 200 meter hingga ketinggian 400 meter.

Itulah tadi pembahasan mengenai mengenal lapisan ionosfer beserta fungsi lapisan iono. Anda dapat memahami penjelasan diatas supaya Anda lebih tahu tentang lapisan ionosfer yang melindungi planet bumi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *