Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Mengenal Sejarah Perjalanan Manusia di Bulan

Manusia adalah salah satu makhluk yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi serta ingin mencoba sesuatu hal yang baru. Dari sifat alami ini membuat manusia tidak hanya menjelajahi seluruh permukaan bumi melainkan luar angkasa.

Salah satu objek yang dijadikan pusat ketertarikan pada manusia yakni untuk menyinggahi bulan. Untuk mencapai berbagai proyek tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti yang telah dilakukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Itulah yang telah disampaikan oleh dosen Astronomi Ferry M. Simatupang S.Si., M.Si., Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA-ITB), saat acara peringatan 50 tahun Pendaratan Manusia Pertama di Bulan pada Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat.

Bagi Anda yang tertarik dengan ilmu pengetahuan serta dunia luar angkasa, sejarah perjalanan manusia ke bulan ini mungkin menarik untuk disimak. Hal ini juga dapat menjadi inspirasi pada generasi muda untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berdasarkan sejarah tersebut, dibawah ini sedikit rangkuman mengenai sejarah perjalanan manusia ke bulan yang dapat Anda simak.

 

Perjalanan Pertama di Bulan

Peristiwa ini terjadi pada 20 Juli 1969 terkenal dengan sejarah kelebihan manusia yang pertama di bulan yang dilakukan Edwin Buzz Aldrin dan Neil Armstrong seorang astronot Amerika Serikat.

Armstrong ini mencoba berjalan di permukaan bulan yang tidak rata, sehingga dapat mendarat di bulan pertama untuk kedua kalinya. Armstrong mengatakan langkah kecil untuk manusia dan menjadi satu lompatan juga bagi manusia karena berhasil mendarat di luar angkasa.

Menurut penelitian ini menjadi dasar untuk melakukan misi menghargai dan penelitian yang selanjutnya tetapi ini juga untuk perdamaian dunia. Selain itu juga menjadi tujuan dari Amerika Serikat untuk mendaratkan manusia di bulan pada Presiden John F. Kennedy.

 

Garis Waktu Pendaratan

Proses dari kelelahan yang pertama kali ini melalui waktu yang tidak singkat. Diawali dengan proses pesawat Apollo 11 yang lepas landas dari Kennedy Space Center dan ditumpangi oleh Buzz Aldrin, Neil Armstrong dan Michael Collins. Komandan yang memimpin perusakan Armstrong.

Dalam waktu 76 jam telah menempuh jarak 240.000 mil, pada 19 Juli Apollo 11 ini memasuki orbit bulan. Pada keesokan harinya pukul 13:46, modul bulan Eagle yang mendahului Armstrong dan Aldrin Terpisah dari modul perintah tempat tinggal Collins.

Elang mulai turun ke permukaan bulan setelah dua jam yakni pukul 16.17, pesawat ini mendarat di tepi barat daya Laut Ketenangan. Armstrong mengirim pesan radio ” Elang telah mendarat ” ke Mission Control di Houston, Texas.

Pukul 22:39 Armstrong membuka modul bulan. Ketika sedang menuruni tangga, dengan penuh harap ratusan juta orang di bumi menyaksikannya melalui kamera pesawat televisi untuk merekam kemajuannya dan mengirimkan sinyal kembali ke Bumi.

Kemudian Aldrin bergabung di permukaan bulan bersama-sama mereka mengambil foto medan, serta memasang bendera Amerika Serikat dan menjalankan beberapa tes ilmiah sederhana dan berbicara dengan Presiden Richard Nixon melalui Houston.

Pada tanggal 21 Juli kedua astronot ditutup dan dikembalikan ke modul palka dan punar. Kedua pria tersebut dimalam hari itu tidur di permukaan bulan. Menjelang sore Elang kembali mendaki ke modul komando.

Pukul 17:35 Aldrin dan Armstrong berhasil bergabung dan merapat kembali dengan Collins. Pada 22 Juli pukul 12:56 Apollo 11 mulai perjalanan pulang. Mendarat di Samudra Pasifik tanggal 24 Juli pukul 12:50 dengan selamat.

 

Misi Mendaratnya Manusia di Bulan

Amerika Serikat selanjutnya akan membuat 5 misi kelebihan, setelah perjalanan manusia pertama per bulan. Tidak hanya itu Amerika juga akan mengunjungi bulan-bulan yang tidak direncanakan.

Orang terakhir yang berjalan dalam beberapa bulan dari beberapa misi yang dilakukan adalah astronot Harrison Schmitt (1935) dan Eugene Cernan (1934-2017) dari misi Apollo 17 yang meninggalkan permukaan bulan pada 14 Desember 1972.

Program Apollo ini merupakan upaya karya yang membutuhkan banyak dana. Tidak hanya itu, program ini juga memerlukan berbagai pihak yang terlibat untuk dapat membantu melancarkan misi ini.

Melibatkan sekitar 400.000 teknisi, ilmuwan dan ilmuwan yang menghabiskan biaya $24 miliar atau hampir $100 miliar dalam dolar. Mandat Kennedy telah memperkirakan biaya tersebut pada tahun 1961.

Peristiwa ini pada 20 Juli 1969 merupakan ambisi dari Amerika Serikat yang akan mengalahkan Uni Soviet dalam misi perjalanan manusia ke bulan.

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai sejarah perjalanan manusia di bulan. Inti dari tujuan perjalanan ini adalah mendaratkan manusia di Bulan serta mengembalikan dengan selamat di Bumi.