Museum Geopark: Wisata Edukasi Pos Pengamatan Gunung Api Batur Bali

Siapa sih yang belum tahu objek wisata yang satu ini? Ya, objek wisata edukasi ini dikenal dengan sebutan Museum Geopark Batur yang berada di Kintamani, Bali. Objek wisata ini baru saja diresmikan pada tanggal 10 Mei 2017. Wisata ini diresmikan oleh seorang menteri bernama Sudirman Said.

Museum Geopark mempunyai dan menampilkan tiga pilar utama geopark. Tiga pilar tersebut antara lain keanekaragaman hayati, geologi, dan wujud budaya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya mengenai wisata edukasi pos pengamatan gunung api batur Bali di bawah ini.

Apa itu Museum Geopark Batur?

Museum geopark merupakan sebuah museum di Bali yang menyajikan beberapa informasi mengenai taman bumi nasional maupun mancanegara. Museum ini dijadikan sebagai wisata edukasi pos pengamatan. Museum ini terletak di Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Bangli, Bali. Museum geopark ini dulunya bernama Museum Gunungapi Batur.

Museum ini dibangun dengan luas lahan satu hektar dengan kerjasama antara Departemen Energi, Sumber Daya Alam, Geologi dan Sumber Daya Mineral, dan Mitigasi Bencana geologi.

Ketika Anda berkunjung ke museum ini, Anda dapat mempelajari sejarah museum tersebut dan gunung api batur secara detail. Anda juga dapat mempelajari geopark yang ada di Indonesia.

Alasan Museum Geopark Menjadi Wisata Edukasi Yang Istimewa

Pada saat pembangunan museum geopark ini ditetapkan oleh UNESCO untuk menjadi jejaring geopark global yang direncanakan pada tanggal 20 September 2012. Museum ini mempunyai ciri khas tersendiri bagi wisatawan dan menjadi daya tarik wisatawan, sehingga berbeda dengan geopark lainnya. Selain itu, alasan keistimewaan museum ini adalah karena terdapat gunung batur yang mempunyai 2 kaldera.

Kaldera 2 terbentuk di dalam lempengan kaldera 1. Kaldera mulai terbentuk sejak adanya letusan besar gunung batur pada 29.300 dan 20.150 tahun silam. Pada lempengan kaldera 2 Anda dapat menemukan danau yang berbentuk seperti bulan sabit dengan panjang 7,5 km dan lebar sekitar 2,5 km. Danau ini dikenal dengan danau Batur.

Museum geopark ini mempunyai 2 lantai yang memberikan desain dan tujuan yang sangat berbeda. Lantai pertama terdapat lobby yang menyuguhkan berbagai informasi geologi . Selain itu, Anda bisa menyaksikan beberapa miniatur gunung batur. Miniatur tersebut didesain berbentuk segi empat yang berukuran 2,5 x 2 meter.
Sedangkan pada lantai 2, Anda dapat menemukan berbagai macam keanekaragaman. Antara lain keanekaragaman budaya, geologi, dan budaya. Lantai 2 ini memberikan sebuah edukasi yang dapat menambah pengetahuan Anda tentang gunung batur dan geopark. Selain itu, terdapat auditorium yang dapat digunakan untuk menonton film edukasi.

Daya tarik utama pada saat mengunjungi wisata edukasi ini yaitu dengan suguhan informasi dari pusat informasi Museum Geopark gunung batur dan 33 lokasi lainnya di Indonesia. Museum geopark ini merupakan museum yang dibangung dengan konsep pertama yang ada di Indonesia.

Lokasi Wisata Edukasi Pos Pengamatan Gunung Api Batur Bali

Wisata edukasi museum geopark ini terletak di Jalan Raya Penelokan, Kintamani, Bangli, Bali. Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju lokasi tersebut.

Anda bisa masuk ke museum ini dengan membayar tiket sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Museum ini buka pada hari senin-kamis mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. Sedangkan pada hari sabtu dan minggu buka mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WITA. Pada hari jumat dan hari libur nasional, museum ini akan tutup.

Fasilitas Yang ditawarkan Museum Geopark

Pada saat ini, fasilitas museum geopark terbilang sudah cukup memadai. Fasilitas yang ditawarkan antara lain tempat kuliner, area parkir, tempat duduk santai, hingga tempat beribadah.

Itulah tadi pembahasan mengenai wisata edukasi pos pengamatan gunung api Batur Bali. Jika Anda berkunjung ke Bali, Museum Geopark bisa menjadi salah satu wisata edukasi alternatif yang bisa Anda kunjungi. Agar kunjungan wisata Anda berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil di Bali. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bali dengan nyaman dan leluasa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *