Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Pentingnya Peran Awan dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Iklim sering kali berubah-ubah karena dipengaruhi oleh pemanasan global yang sering terasa sekarang ini. Kondisi ini tentunya akan berdampak negatif untuk bumi dan para penghuninya. Tanpa disadari banyak hal yang dapat mempengaruhinya, hal ini dapat disebabkan oleh aktivitas manusia dan akan sangat mengkhawatirkan keselamatan daratan ini.

Kita sebagai penghuni bumi ini harus selalu melindungi dan mencintai dengan selalu menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar yang mengakibatkan efek gas rumah kaca secara signifikan. Ada banyak dampak yang disebabkan oleh perubahan iklim seperti berkurangnya sumber air, gagal panen petani karena kekeringan, mengganggu kesehatan manusia karena cuaca yang tidak menentu, terjadi banjir, angin puting beliung dan lainnya.

Jadi apakah Anda sudah tau apa perubahan iklim itu? Bagaimana sih cara untuk mengatasi dan menghadapinya? Jika belum tahu mari kita simak beberapa penjelasan yang sudah kami rangkum mengenai perubahan iklim berikut ini :

 

Pengertian Perubahan Iklim

Perubahan iklim merupakan berubahnya iklim pada waktu tertentu atau keadaan perubahan cuaca rata-rata dalam kurun waktu satu tahun, Perubahan ini terjadi ketika temperatur bumi naik atau saat itulah suhu pada bumi semakin menaik sehingga akan menyebabkan kerusakan pada alam.

Ada banyak penyebab yang memicu terjadinya perubahan ini yang bisa disebabkan secara langsung oleh aktivitas manusia seperti saat melakukan pembakaran bahan fosil, pembuangan limbah dari pabrik industri, fungsi lahan yang di salah gunakan, dan juga secara tidak langsung yang disebabkan oleh peristiwa alam yang terjadi tiba tiba-tiba sulit ditebak.

Tidak hanya itu meningkatnya gas karbon dioksida juga menyebabkan efek gas rumah kaca, yang membuat panasnya matahari akan tertangkap pada atmosfer bumi. Jika hal ini terjadi berlebihan akan menyebabkan kutub es mencair dan terjadilah perubahan iklim yang extrim.

 

Alasan Awan Bisa Mengatasi Perubahan Iklim

Awan adalah sebuah tetesan air atau titik-titik air yang berkumpul menjadi satu di atmosfer. Jumlah awan mempengaruhi terjadinya perubahan iklim, jika awan sedikit maka akan terjadi kemarau dan sebaliknya jika awan meningkat banyak akan datang musim hujan.

Perlu Anda ketahui awan memiliki peran penting untuk bumi karena awan ini bisa dibilang payung untuk mendinginkan udara. Selain itu, ada awan yang rendah tebal akan membantu memantulkan cahaya dari matahari agar menjauh dari bumi, sedangkan awan tinggi dibilang sebagai selimut karena menjadi penghangat dan memanaskan bumi.

Awan yang tinggi dan tipis ini akan memberi jalan untuk sinar cahaya matahari yang akan masuk ke bumi, kemudian akan merangkap radiasi dari bumi agar tidak lepas ke luar angkasa. Efek ini tergantung pada pemanasan rumah kaca.

 

Cara Mengatasi Perubahan Iklim Menggunakan Awan

Ada banyak cara untuk mengatasi perubahan iklim yang dapat dilakukan manusia seperti menanam pohon, pelestarian lingkungan, kurangi naik kendaraan bermotor, hemat energi rumah, perbanyak makan sayur, terapkan reduce, reuse, recycle dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, awan juga sangat mempengaruhi perubahan iklim, karena dapat merangkap atau menampung uap air dari atmosfer dan naik ke awan. Uapan air ini terbentuk dari air laut atau sungai yang menguap ke atas menjadi titik-titik air dan menggumpal menjadi awan.

Maka jagalah kebersihan air laut, sungai dan sumber air jangan buang limbah, atau sampah lainnya agar tidak mencemari air laut, bahkan dapat membuat air terkontaminasi. Hal ini akan meningkatkan frekuensi terjadinya perubahan iklim sehingga menghambat terbentuknya awan.

Perubahan iklim ini harus diatasi secepatnya sebelum nantinya dapat menimbulkan kerusakan pada bumi saat ini dan maupun di waktu yang akan datang, awan memang sangat berperan dalam terjadinya perubahan iklim. Namun awan lebih mempererat pemanasan daripada menurunkan suhu global.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai perubahan iklim, alasan awan bisa mengatasinya, dan bagaimana cara mengatasi perubahan iklim menggunakan awan. Dengan hal ini membuat kita sadar bahwa kita sebagai penghuni bumi wajib berperan membantu dalam menjaga bumi dan keasriannya meskipun hanya sedikit tentu sangat membantu bumi ini menjadi lebih nyaman dan aman untuk dihuni.