Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Perbedaan antara Gaya Gravitasi, Percepatan Gravitasi, dan Gaya Magnet

Suatu benda dapat bergerak karena suatu gaya yang berupa dorongan atau tarikan. Kita telah menerapkan gaya pada suatu benda ketika kita menarik atau mendorongnya hingga benda itu bergerak. Misalnya seperti menendang bola, mengayuh sepeda, dan memindahkan meja. Selain itu gaya dapat menghentikan benda bergerak. Misalnya mobil yang sedang berjalan dapat dihentikan dengan gaya dorong kaki yang menginjak rem.

Gaya memiliki banyak jenis sesuai dengan sumber yang melakukan gaya, diantaranya adalah gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, gaya pegas, dan gaya gesek. Pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai apa perbedaan gaya magnet dan gaya gravitasi serta percepatan gravitasi. Untuk dapat memahami tentang perbedaan gaya gravitasi, percepatan gravitasi, dan gaya magnet simak penjelasan berikut ini. 

 

Gaya Gravitasi

Apa yang terjadi jika Anda melempar pensil atau uang koin ke atas? Apakah benda tersebut tetap melayang atau jatuh ke bawah? Nah seperti yang kita ketahui bahwa semua benda yang dilemparkan ke atas pasti terjatuh. Coba sekarang Anda keluar rumah dan berjalan ke kanan dan ke kiri. Apakah kaki Anda masih menginjak tanah bumi? Apakah kaki Anda melayang? Nah peristiwa-peristiwa tersebut disebabkan oleh gaya gravitasi seperti halnya ketika buah atau daun jatuh dari pohonnya. Gaya gravitasi merupakan gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi (gaya tarik bumi). Gaya gravitasi ini menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi selalu tertarik menuju bumi atau jatuh ke bumi. Jika tidak ada gaya gravitasi, semua benda yang Anda lemparkan ke atas dapat dengan mudah hilang karena melayang di angkasa bahkan Anda dapat terbang dan sulit untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu keberadaan gaya gravitasi sangat penting karena dapat menahan benda-benda untuk tetap berada di bumi.

Contoh dari gaya gravitasi yaitu saat hujan turun dari langit jatuh dan air jatuh ke tanah, mobil atau motor yang berjalan tidak akan melayang-layang, saat Anda tidur, Anda akan tetap berada di permukaan bumi tidak melayang.  Mengapa di luar angkasa tubuh astronot akan melayang? Karena gravitasi di pesawat ruang angkasa yang mengorbit bumi lebih kecil dibanding dengan tarikan di bumi. Gaya mikrogravitasi ini menyebabkan astronot melayang di luar angkasa karena seolah-olah tidak berbobot.

 

Percepatan Gravitasi

Gaya tarik yang diberikan oleh bumi pada benda disebut gaya gravitasi. Percepatan yang dihasilkan dalam gerak benda di bawah pengaruh gravitasi disebut percepatan gravitasi. Ketika gaya diterapkan pada suatu benda, disinilah percepatan terjadi. Percepatan ini adalah perubahan kecepatan sebuah benda. Contoh gaya yang menyebabkan percepatan benda yaitu meja yang semula diam kemudian meja didorong bergerak cepat, magnet menarik logam, dan elektron mendekati proton.

Bumi memberikan gaya medan yang kuat terhadap benda bermassa di sekelilingnya karena bumi memiliki massa yang besar . Hal itu mengakibatkan terjadinya percepatan terhadap benda-benda yang ada di sekelilingnya. Percepatan tersebut dinamakan percepatan gravitasi. Gaya tarik gravitasi melemah dan percepatan gravitasi akan berkurang ketika sebuah benda bermassa menjauh dari pusat bumi. Ketika sebuah benda memiliki jari-jari seperempat bumi, percepatan gravitasinya adalah seperempat dari bumi. Saat r bertambah besar, r berubah menjadi kuadrat 1/16, 1/25, dan seterusnya. Untuk jarak 0 ke ketinggian puncak Everest, percepatan gravitasi konstan pada 9,8 m/s2. Di bulan, percepatan gravitasi akan turun dari 9,7 menjadi 0,00272 saat Anda naik lebih tinggi.

Perbedaaan gaya gravitasi dan percepatan gravitasi terletak pada urutannya. Bumi memberikan gaya lalu terjadi percepatan. Itulah konsep gaya gravitasi.

 

Gaya Magnet

Gaya magnet merupakan interaksi antara dua buah magnet. Kedua magnet tersebut jika didekatkan akan menimbulkan gaya. itulah yang disebut gaya magnet. Jadi gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan ketika dua atau lebih magnet bersentuhan. Magnet memiliki kekuatan yaitu dapat menarik benda yang terbuat dari logam. Sebuah magnet memiliki dua ujung berlawanan. Ujung magnet ini disebut kutub. Kutub utara dan kutub selatan magnet adalah dua kutub yang berlawanan. Ketika dua magnet dengan kutub yang sama mendekati satu sama lain, mereka akan saling tolak. Sementara itu, mendekatkan dua magnet dengan kutub yang berbeda akan menarik keduanya.

Beberapa contoh pemanfaatan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari adalah magnet pada kompas untuk penunjuk arah, magnet digunakan untuk mengangkat benda-benda yang terbuat dari besi seperti rongsokan barang atau paket, paku di jalan raya, magnet pada dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenaga listriknya, magnet pada bel listrik untuk memukul lonceng, magnet pada pengeras suara di televisi komputer maupun earphone, magnet pada penutup pintu kulkas, dan magnet pada hiasan pintu kulkas. 

Sekian pembahasan mengenai perbedaan antara gaya gravitasi, percepatan gravitasi dan gaya magnet. Semoga bermanfaat.