Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dengan TLO, Lebih Menguntungkan Mana?

Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap resiko di jalan raya terbilang tinggi. Ini dilihat dari banyaknya polis asuransi yang banyak ditawarkan di Indonesia. Hal ini wajar, mengingat banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan raya terutama di kota. Tidak hanya kecelakaan, asuransi juga dapat menangani kehilangan mobil yang tentunya dapat menimbulkan kerugian.

Dalam hal ini kamu akan di bingung dalam memilih asuransi untuk mobil mereka antara All Risk atau TLO . Perlindungan dari asuransi tersebut dapat memberikan perlindungan finansial akibat kecelakaan ataupun kehilangan. Maka pemilik mobil harus mengetahui perbedaan antara All Risk dan TLO dari cara mengcovernya.

Ada 3 tahapan dalam memulai memilih produk asuransi

1. TLO ( Total Loss Only)

TLO akan menjamin kerugian mencapai 75% yang disebabkan kehilangan ataupun kerusakan. Kerusakan dalam hal ini disebabkan oleh kecelakaan sehingga menyebabkan mobil tidak bisa berfungsi atau nilai perbaikan .

2. Comprehensive

Ketika terjadi kecelakaan mobil asuransi ini menjamin kerugian pada mobil seperti penyok, lecet, sampai dengan kerusakan yang besar.

3. All Risk

All Risk memiliki perlindungan seperti kecelakaan pengemudi dan penumpang, banjir, gempa bumi, terorisme, serta tanggung jawab pihak ke 3. All risk juga merupakan paket terlengkap dari asuransi mobil comprehensive.

Agar kamu dapat memilih asuransi yang tepat maka simak pembahasan berikut:

1. All Risk

Pemilik mobil baru yang usia mobilnya kurang dari 5 tahun, biasanya cenderung menggunakan asuransi comprehensive atau dikenal dengan all risk. Asuransi jenis ini dapat melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai macam kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan seperti baret halus, penyok ataupun kerusakan kecil lainnya. Sampai kerusakan besar seperti tabrakan yang mengakibatkan bodi mobil berubah dari bentuk semula atau pencurian.

Namun pembiayaan asuransi All Risk ini lebih mahal dari pada asuransi TLO. Terlebih apabila kamu mendaftar untuk perluasan asuransi jaminan yang mencantumkan resiko banjir dan juga kerusakan oleh pihak lain. Untuk jumlah uang yang harus dibayarkan berkisar 1,05% – 4,2% yang berlaku setahun pada kendaraan.

2. Asuransi TLO

Asuransi TLO atau Total Loss Only, merupakan asuransi yang 75% menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan. Asuransi jenis ini lebih disarankan untuk kendaraan bekas yang berusia lebih dari 10 tahun. Selain itu juga premi yang dibayarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk. Contoh penggunaannya adalah ketika kamu sedang jalan-jalan lalu memarkirkan mobil di parkiran, kemudian mobil kamu hilang kamu bisa mengajukan klaim dengan menggunakan asuransi TLO.

Kamu bisa menghitung tarif biayanya berdasarkan surat edaran OJK 6/SEOJK.05/2017. Surat edaran tersebut sudah mencakup mengenai biaya asuransi kendaraan, dan penggunaan asuransi.

Tips Untuk Memilih Asuransi Mobil All Risk atau TLO

 

a. Sesuaikan asuransi dengan harga mobil

Sebelum kamu memilih asuransi pastikan kamu sudah paham dalam pemilihan asuransi yang dapat menguntungkan, dan dapat disesuaikan dengan harga mobilmu. Jika harga mobilmu terbilang mahal dan kamu memilih asuransi All risk, ketika terjadi sedikit kerusakan, biaya perbaikan juga mahal. Apabila kamu memiliki usaha rental mobil maka asuransi ini cocok untuk dipilih, karena akan banyak resiko ketika mobil direntalkan.

b. Frekuensi penggunaan mobil

Frekuensi penggunaan mobil akan berpengaruh pada jenis asuransi yang akan dipilih. Semakin sering mobil dipakai, maka semakin besar pula kemungkinan kecelakaan. Terlebih jika mobil sering di gunakan di rute jalan yang berlalu lintas padat. Jika kamu merasakan hal tersebut, disarankan untuk menggunakan asuransi All Risk.

c. Lokasi dan Situasi rumah

Jika kamu tidak merasakan resiko kerusakan ringan, karena mobil jarang dipakai dan hanya berpikir maka kamu bisa memilih asuransi TLO. Mengapa menggunakan asuransi ini?, karena mobil yang hanya terparkir resiko terbesarnya adalah hilang. Dengan lingkungan rumah yang sepi dan Kawasan wilayah yang tinggi angka kriminalitasnya, juga berisiko hilang. Selain hilang mobil juga beresiko rusak yang diakibatkan oleh kerusuhan.

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dengan TLO. Untuk kalian yang ingin mengetahui berbagai macam informasi asuransi lainnya, kamu bisa mengunjungi akun berikut ini, https://vinansio.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *