Perbedaan CMS dan Framework Dalam Pembuatan Website

Perbedaan CMS dan Framework Dalam Pembuatan Website

Di dunia yang serba digital sekarang, siapa sih yang belum mengenal website? Tentu Anda semua mengetahuinya. Website merupakan sekumpulan page web yang dapat diakses oleh seseorang dan memuat konten (isi) tertentu.
Pembuatan website ini bisa dibuat langsung dengan framework ataupun memanfaatkan jasa CMS (Content Management System). Berikut ini merupakan perbedaan CMS dan framework dalam pembuatan sebuah website.

Apa itu CMS?

Perbedaan CMS dan Framework Dalam Pembuatan Website

Sebelum kita masuk ke perbedaannya, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu framework dan juga CMS.

CMS (Content Management System) adalah sebuah software yang memanajemen konten dalam sebuah situs web berupa e-commerce, blog, ataupun profile. Situs ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengembangkan website tanpa harus belajar bahasa pemrograman.

CMS berfungsi memudahkan sistem dalam manajemen konten agar lebih efisien, fleksibel, dan juga cepat. Untuk masalah layout, Anda tak perlu khawatir, karena pada umumnya CMS menyediakan beberapa template sesuai konten Anda.

Apa itu framework?

Perbedaan CMS dan Framework Dalam Pembuatan Website

Framework merupakan kerangka web yang didasari dengan ilmu coding. Jadi, untuk membuat sebuah website menggunakan framework, sudah pasti yang dibutuhkan pertama adalah ilmu coding. Di dalam website itu, seorang programmer membuat aplikasi web dengan memuat plugin, fungsi, dan konsep agar menjadi sebuah sistem.

Untuk framework yang sering digunakan oleh seorang programmer dalam pembuatan website adalah PHP dan CSS. Kedua framework ini memerlukan script yang benar dan pas.

Perbedaan CMS dan Framework

Berikut ini merupakan beberapa poin mengenai perbedaan CMS dan framework dalam pembuatan website:

1. Security (keamanan)

Dalam pembuatan sebuah website, keamanan merupakan hal utama yang wajib diperhatikan. Apabila website yang Anda buat tidak aman, maka secara otomatis data-data akan terperangkap di tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Pada hal ini, tentu CMS lebih unggul secara keamanan dibandingkan dengan framework.

2. Fleksibilitas

Jika framework bisa dibuat dan dikreasikan untuk penggunaan dan sistem apapun, maka CMS pun juga tak hanya untuk sekedar menulis blog dan sejenisnya, ternyata CMS juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan lainnya seperti e-commerce, dan transaksi-transaksi lainnya.

3. Pembaharuan

Jika pada CMS semua pembaharuan sudah disediakan, semisal untuk upgrade sistem baru, fitur dan juga layanan terbaru, lain halnya dengan framework yang semua pembaharuan harus dilakukan oleh programmer itu sendiri dengan menggunakan coding.

4. User Experience (UX)

UX atau biasa disebut pengalaman pengguna ialah suatu hal yang sangat penting ketika pengembangan terhadap sebuah website. Hal ini sangat sering menjadi suatu permasalahan karena berkeinginan untuk terus mengembangkan website demi kepuasan pengunjung. Pemilihan platform yang tepat dapat memiliki peran yang besar kedalam efisiensi dan efektivitas website anda.

UX menjadi hal yang dasar karena Framework bekerja dengan bahasa pemrograman. Dengan demikian, CMS seperti WordPress ini mempunyai GUI yang cukup menarik. Ini menjadi pilihan yang ideal untuk anda yang menginginkan tampilan yang menarik. Baik dari pengembang maupun dari si pengguna.

5. Site Rank

Searchability ini adalah hal yang dapat membuat web anda menjadi atau mendapat peringkat yang tinggi. Keyword dalam wordpress ini cenderung dapat membuat web anda menempati first ranking. Hal ini dikarenakan upgrade yang dilakukan secara terus menerus, dan berbagai plugin yang digunakan untuk mengoptimalkan SEO.

Alasan WordPress Disebut Lebih SEO Friendly

Agar terhubung dengan target konsumen adalah salah satu tujuan dari membangun sebuah website. Agar target konsumen cepat terhubung, maka web anda harus mudah ditemukan di mesin pencarian oleh google. Bagaimana caranya? Cara utamanya adalah dengan SEO.

Namun, SEO disini keadaannya selalu berubah-ubah di setiap saat. Tenang, disini WordPress dapat menyesuaikan semua perubahan yang terjadi di dalam SEO sengan semua kelebihannya.

Dalam statistic menunjukkan bahwa WordPress menguasai 22,3 persen dari semua website yang ada di dunia. Dan juga menguasai 60 persen dari penggunaan CMS lainnya. Berikut adalah alasan WordPress lebih SEO friendly dibandingkan dengan CMS lainnya, simak penjelasan berikut:

1. Code Structure

Struktur kode yang dimiliki WordPress sangat baik sehingga situs yang terdapat didalamnya clean. Selain itu, WordPress juga memiliki testimoni yang diatas rata-rata.

2. Plugin SEO

WordPress disini memiliki macam-macam plugins yang dapat anda gunakan yang tententunya canggih dan powerfull. Dimana hal tersebut tidak dapat ditemukan di CMS lainnya.

3. Loading Website

Macam-macam elemen yang ditambahkan kedalam sebuah website mempengaruhi loadingnya. Sedangkan WordPress ini sendiri dirancang untuk tetap memperhatikan kecepatan loadingnya. Kecepatan loading ini dapat mempengaruhi nilai dari SEO menjadi lebih baik atau plus.

Mengembangkan Sebuah Website dengan WordPress

Jika anda membuat website dan memanfaatkannya untuk digital marketing, mulai sekarang anda wajib untuk mengembangkan website perusahaan anda. WordPress menjadi pilihan utama yang tepat untuk hal tersebut.

Dengan kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya, dapat membuat website anda mendapatkan first rank di dalam mesin pencarian. Tak perlu ragu jika anda ingin mencoba atau menggunakan WordPress.

Nah itu dia perbedaan CMS dan Framework dalam pembuatan website yang telah dituliskan diatas. Bagaimana? Apakah anda untuk menggunakan jenis CMS WordPress ini untuk mengembangkan website? Jika anda masih awam dalam dunia website, anda bisa menggunakan jasa pembuatan website. Disini, anda akan memperoleh website dengan tampilan serta kinerja yang sudah dimaksimalkan. Sehingga anda akan memperoleh website dengan kualitas terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *