Review Nama-nama Bintang di Alam Semesta Dari yang Terbesar, Terpanas, Hingga Terindah

Review Nama-nama Bintang di Alam Semesta Dari yang Terbesar, Terpanas, Hingga Terindah

Melihat ini bintang yang bersinar di langit tentu menjadi pemandangan yang sangat indah bagi semua orang. Dari bumi, bintang hanya terlihat titik-titik yang bercahaya. Itu dikarenakan letak bintang berada jauh dari bumi.
Namun kenyataannya, bintang di langit itu memiliki ukuran yang besar. Tak hanya memiliki ukuran yang besar bintang juga ada yang letaknya paling jauh, paling panas, paling dingin, paling terang, bahkan yang paling indah.

Berikut adalah review nama-nama bintang di alam semesta dari yang terbesar, terpanas, hingga terindah. Simal penjelasan berikut:

1. Bintang Paling Besar

Bintang yang ukurannya paling besar bernama VY Canis Majoris (VY CMa). Bintang ini disebut bintang maharaksasa yang berwarna merah dan terletak di rasi Canis Major. Jari-jari yang dimiliki bintang raksasa ini adalah 1800 hingga 2100 kali radius matahari.

Tak hanya menjadi bintang terbesar, Vy CMa ini juga termasuk kedalam bintang yang paling bercahaya yang diketahui selama ini. VY CMa ini adalah bintang tunggal dan masuk kedalam kategori bintang bervariabel semi-regular. Kepadatan rata-rata yang dimiliki bintang ini adalah 0.000005 hingga 0.000010 kg/m^3.

2. Bintang Paling Jauh

Bintang yang letaknya paling jauh yaitu bernama Proxima Centauri. Proxima Centauri adalah bintang yang letakknya sejauh 4,2 tahun cahaya dari bumi. Rasi yang ditempati bintang ini adalah rasi Centaurus.
Proxima Centauri ini ditemukan oleh Robert Innes pada tahun 1915. Robert Innes adalah seseorang yang menjabat sebagai direktur Observatorium Union di Negara Afrika Selatan. Bintang satu ini adalah bintang yang terletak sangat dekat dengan matahari.

Proxima Centauri ini berkemungkinan termasuk bagian dari system bintang tiga yang bersama dengan Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B. Massa Jenis yang dimiliki bintang ini mencapai 40 kali matahari.

3. Bintang Paling Panas

Bintang Paling panas adalah bintang yang memiliki warna biru dan ukurannya yang besar. Nama bintang yang paling panas adalah bintang Rigel. Massa bintang Rigel ini sendiri mencapai 17 kali dari massa matahari. Suhu permukaan bintang ini berkisar 10.700 derajat celcius.

Bintang Rigel ini juga termasuk bintang yang paling terang yang terletak di rasi Orion dan bintang paling terang urutan ketujuh di langit malam.

4. Bintang Paling Dingin

Bintang yang paling dingin adalah bintang yang bernama Wise J085510.83-071442.5 atau dikenal dengan sebutan bintang kerdil coklat. Bintang ini memiliki suhu yang berkisar mencapai -48 derajat celcius.

Bintang kerdil coklat ini berjarak 7,2 tahun cahaya. Bintang ini juga termasuk kedalam kategori bintang yang letaknya dekat dengan system tata surya. Bintang ini tidak tersebut sebagai bintang yang akan dikunjungi masa depan, karena suhunya yang sangat dingin dinilai tidak dapat mendukung manusia hidup disana.

5. Bintang Paling Terang

Bintang paling terang di langit malam urutan nomor satu adalah bintang Sirius. Bintang ini memancarkan cahaya putih yang cemerlang. Bintang Sirius ini termasuk bagian dari rasi Canis Major. Temperature yang dimiliki bintang ini yaitu mencapai 9.667 derajat celcius.

6. Bintang Paling Indah

Bintang yang paling indah tentunya bintang yang paling terang. Bintang itu bernama Canopus. Canopus termasuk bintang yang paling terang di rasi Carina dan bintang yang paling terang nomor dua di langit malam. Canopus memiliki magnitude tampak -0.72.

Nah itu dia artikel yang berisi tentan review nama – nama bintang di alam semesta dari yang terbesar, terpanas, hingga terindah yang dapat anda pelajari. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *