Simpel, Pakai Cara Ini Untuk Buat Gorden Kupu-kupu Sendiri

Gorden atau tirai berupa kain untuk menutupi bagian jendela pada rumah, kantor, sekolah, dan berbagai macam bangunan lainnya ini memiliki berbagai fungsi.

Selain untuk menutupi bagian dalam rumah agar tidak terlihat dari luar, gorden juga dapat digunakan sebagai pelengkap untuk mempercantik ruangan.

Gorden bisa dipilih untuk mempercantik kamar tidur atau ruang tamu kamu. Gorden juga dapat dijadikan sebagai pelengkap jendela di rumah kamu. Ini karena gorden dapat disesuaikan dengan berbagai jenis jendela yang ada di rumah kamu.

Untuk dekorasi kamar atau ruang tamu, kamu bisa menggunakan jenis gorden kupu-kupu yang sedang tren di masyarakat.

Jenis gorden yang satu ini sangat bisa digunakan untuk jendela dengan model dan ukuran yang beragam. Tipe ini juga bisa kamu pakai untuk rumah minimalis kamu. Ini karena gorden jenis ini tidak terlalu memakan tempat.

Meskipun kamu bisa membelinya di toko gorden, Gorden kupu-kupu ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Kamu tidak terlalu membutuhkan banyak bahan dan biaya untuk membuatnya. Berikut adalah cara untuk membuat gorden kupu-kupu sendiri.

  • Menentukan Bahan

Sebelum membuat gorden kupu-kupu, kamu bisa memilih jenis kain dan menentukannya. Proses ini harus kamu lakukan dengan cermat dan teliti ya. Ini supaya kamu bisa mendapatkan jenis kain yang terbaik untuk gorden di rumahmu.

Kamu dapat menggunakan kain jenis linen, sutra, atau katun dengan menyesuaikan ketebalan kain yang kamu inginkan. Sebagai panduan, kain yang bagus untuk gorden adalah kain yang memiliki ketebalan standar. Artinya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. 

Periksa kerapatan benang dan ketahanan kainnya. Jangan lupa untuk memeriksa benang di ujung-ujung kain. 

  • Mengukur Jendela

Tidak jauh berbeda dengan pembuatan gorden yang lain. Kamu juga harus melakukan perhitungan pada jendela yang ingin kamu pasangi dengan gorden kupu-kupu. 

Lakukan pengukuran pada jendela dan frame-nya. Ukur lebar jendela beserta frame-nya dan tinggi jendela beserta frame-nya. Kamu bisa melakukan pengukuran dengan meteran atau penggaris.

Pastikan ukuran yang kamu dapat sudah benar, ini karena ukuran ini akan menjadi acuan seberapa besar kain yang akan kamu butuhkan untuk membuat gorden kupu-kupu.

Lakukan dengan hati-hati agar hasilnya sesuai. Setelah mendapatkan ukuran tinggi dan lebar jendela, kamu bisa mengurangi ukurannya sebanyak 1 cm untuk ukuran gorden. Ini karena gorden kupu-kupu tidak dipasang untuk menutup keseluruhan frame jendela. 

  • Potong Kain Sesuai Kebutuhan

Setelah mendapatkan ukuran jendela yang presisi, selanjutnya kamu bisa melakukan pengukuran pada bahan kain yang ingin kamu gunakan sebagai gorden kupu-kupu.

Dalam melakukan pengukuran bahan kain, kamu juga harus memperhatikan kesejajaran kain sebelum memotongnya.

Pastikan kain sudah lurus sebelum kamu bagi. Ini karena kesejajaran kain sangat berpengaruh pada hasil jahitan kain nantinya. 

Kamu bisa membentangkannya terlebih dahulu, kemudian ukur panjang dan lebar kain. Pada tahap ini, kamu bisa memotong kain sesuai dengan ukuran jendela. Ukuran standar jendela yang biasa dipasang gorden kupu-kupu adalah 60 cm x 150 cm. Ukuran tersebut sudah mencakup ukuran frame. 

  • Setrika Kain

Untuk mendapatkan hasil gorden yang memiliki lipitan (lipatan kecil), kamu bisa menyetrikanya terlebih dahulu. Sesuaikan lipitan dengan keinginanmu lalu setrikalah agar membentuk lipitan.

Atur tingkat kepanasan pada setrika dengan menyesuaikan jenis bahan kain gorden yang kamu gunakan. 

  • Jahit Kain

Tahap ini adalah tahap yang penting dalam pembuatan gorden kupu-kupu. Pasalnya, tahap ini menjadi tahap terakhir, yaitu dengan menjahitnya.

Pastikan warna benang sama dengan warna kain gorden kamu. Kamu bisa menyelipkan penjepit kain di bagian kanan, kiri, dan bawah kain agar kain tidak terurai selama proses menjahit. Dengan memasang loop pada kain, proses menjahit gorden juga akan lebih mudah. 

Jika kamu menggunakan bahan katun yang tipis, kamu dapat membuatnya dengan dua lapis kain agar lebih tebal dan terkesan mewah.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu perhatikan saat membuat gorden kupu-kupu. Jika kamu tidak memiliki alat jahit, kamu bisa langsung mendapatkan gorden kupu-kupu di Raja Gorden yang telah berpengalaman dalam melayani berbagai pesanan gorden. Raja Gorden juga jual gorden dengan kualitas yang terbaik. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *