Tips Memilih Cat Batu Alam yang Tepat

Batu alam belakangan ini banyak sekali digunakan pada rumah-rumah. Batu alam memiliki pesona yang berbeda dibandingkan dengan material bangunan lainnya. Di satu sisi penggunaan batu alam ini membuat desain rumah terlihat natural, dan sisi lain juga membuat rumah terlihat lebih mewah jika dihiasi dengan batu alam. Hal inilah yang membuat batu alam sangat istimewa, dan cocok digunakan pada berbagai jenis desain rumah.

Saat ini sudah semakin banyak jenis batu alam yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah batu alam Pontianak. Namun, sayangnya batu alam mudah ditumbuhi lumut dan jamur. Lumut cenderung tumbuh di permukaan batu yang sering terpapar sinar matahari dan di batu alam yang lembab. Jika dibiarkan maka lumut dan jamur akan merusak struktur batu alam secara perlahan, oleh karena itu kamu perlu memberi cat coating sebagai bahan pelindung. Tujuannya dilapisinya cat coating yaitu supaya batu alam terhindar dari serangan jamur dan lumut.

Tips memilih cat batu alam

Pada dasarnya, memilih cat coating ini harus disesuaikan dengan tampilan akhir yang diinginkan. Saat ini sudah banyak tersedia  jenis-jenis produk cat batu alam yang memiliki tampilan akhir beraneka ragam. Tips dalam memilih cat yang tepat untuk batu alam yaitu hanya dengan memilih produk cat yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis batu yang kamu gunakan. Berikut ini jenis-jenis cat coating yang sesuai dengan kebutuhannya.

1. Clear coating untuk tampilan batu yang basah

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam jenis cat batu alam di pasaran, salah satunya adalah cat jenis clear coating. Cat jenis ini menghasilkan kesan permukaan batu yang terlihat basah tanpa menutup pori-porinya, sehingga guratan pada batu alam tersebut terlihat menonjol dan jelas. Pemakaian cat jenis ini bermanfaat untuk membuat pesona batu alam supaya terlihat lebih indah dari sebelumnya, terkesan lebih mewah, dan jauh lebih bersih. Tampilan batu alam seperti ini cocok diaplikasikan pada tanaman yang bergaya modern minimalis.

2. Invisible water untuk batu alam dengan kesan yang natural

Sebagian orang mengaku lebih senang dengan tampilan batu yang ada adanya, penampilan batu tersebut terlihat seperti batu -batu yang ada di lingkungan alami. Tampilan batu alam seperti ini cocok diaplikasikan pada desain rumah yang natural. Jika kamu menyukai kesan batu alam yang natural, maka kamu bisa memilih cat degan jenis invisible water.

Cat jenis ini membuat sebuah lapisan di permukaan batu alam yang sanggup menolak air sehingga air tidak akan bisa masuk ke pori-pori batu. Sehingga, batu alam akan tetap terlihat alami walau sudah dilapisi dengan cat coating.

3. Waterproof untuk melindungi batu alam dari air

Batu alam yang dipasang di tempat terbuka serta memiliki tingkat kelembaban yang tinggi akan sangat rawan mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena air bisa merusak batu alam secara perlahan-lahan. Air juga bisa memicu tumbuhnya jamur dan lumut di permukaan batu yang bisa menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, kamu perlu mengaplikasikan cat yang bisa melindungi dari rembesan air.

Kamu bisa menggunakan cat dengan jenis waterproof untuk mengatasi masalah ini. Cat jenis ini sangat ampuh dalam menutup pori-pori di batu alam dan lingkungan sekitarnya sehingga air tidak bisa tembus ke dalam batu tersebut.

4. Anti-alkali untuk melindungi batu dari air hujan

Baru alam yang dipasang di luar ruangan tentu juga rentang mengalami kerusakan. Yang menjadi penyebab utamanya adalah air hujan, karena air hujan memiliki Ph yang rendah. Permukaan batu alam yang sering terkena air hujan akan berubah warna menjadi keputih-putihan yaitu tanda terjadinya pengikisan. Untuk mencegah kerusakannya semakin parah, maka kamu bisa mencoba mengaplikasikannya dengan cat yang bersifat anti-alkali untuk mencegah air masuk ke dalam batu alam tersebut.

5. Acrylic solvent based untuk efek glossy pada batu alam

Kamu juga perlu memperhitungkan cat pelapis yang terbuat dari acrylic solvent based ini, khususnya untuk memperindah tampilan batu alam. Cat jenis ini pasalnya memungkinkan pesona batu alam terlihat begitu mengkilap, selain itu juga menempel kuat di permukaan batu serta melindungi dari cuaca yang ekstrim. Acrylic solvent based ini sangat cocok diaplikasikan pada batu yang memiliki warna gelap seperti batu pacitoroso dan andesit. Jenis cat ini memiliki keunggulan menonjolkan warna dan guratan yang khas secara alami yang dimiliki oleh batu alam tersebut.

6. Sicosol supaya kondisi batu alam senantiasa tetap kering

Cat jenis ini memiliki fungsi untuk menjaga permukaan batu tetap kering. Cat sicosol paling cocok diaplikasikan pada permukaan batu alam yang memiliki porous seperti batu palimanan dan paras. Sebab cat ini mampu mempertegas tekstur alami yang dimiliki oleh batu alam tersebut.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih cat batu alam yang tepat, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *