Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Wisata Belitung paling Hits Wajib untuk Dikunjungi

Belitung merupakan salah satu tempat yang memiliki wisata yang tersembunyi pada waktu dulu. Wisata di Belitung ini juga banyak orang yang tidak mengetahui keindahannya. Namun, setelah muncul film Laskar Pelangi yang berlatar di Pulau Belitung, keindahan pada tempat ini mulai terbuka. Hal ini menyebabkan para traveler menjadikan tempat wisata ini menjadi tempat liburan favorit karena keindahannya.

Nah, kali ini kita akan mengekspos Tour Belitung yang paling hits wajib untuk dikunjungi oleh Anda saat berada di Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini merupakan salah satu tempat yang terkenal untuk syuting dari film Laskar Pelangi. Letaknya berada di sebelah utaranya pulau Belitung, dari kota Tanjung Pandan jaraknya 37 km. Pantai tanjung tinggi memiliki ciri khas yakni memiliki air yang jernih, memiliki batu granit yang besar dan berpasir putih.

Anda juga dapat berenang tanpa takut untuk terbawa ombak sebab pantai ini memiliki suasana ombak yang relatif tenang. Selain itu Anda juga bisa memuaskan rasa lapar Anda dengan jajanan yang ada di warung tepi pantai

2. Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas merupakan salah satu pulau yang terkenal di Belitung. Pulau ini juga terletak di sebelah utara dari Pulau Belitung, untuk menyebrang ke pulau ini Anda bisa menempuhnya dengan memerlukan waktu 30 menit. Di pulau ini juga terdapat mercusuar di tengah tengah pulau yang tinggi, yang dibangun pada tahun 1882. Anda juga dapat menikmati keindahan pemandangan pantai di Belitung dari ketinggian di atas mercusuar.

3. Pulau Pasir

Pulau pasir merupakan sebuah tumpukan pasir yang berada di darat. Ketika airnya surut, maka pasir ini akan menumpuk sehingga seperti bentuk pulau. Dan sebaliknya jika airnya pasang, maka semua daratan ini akan tenggelam dibawah air.

Para wisatawan yang singgah ke pulau ini ketika air laut surut menggunakan perahu nelayan. Pastinya Anda akan takjub dengan keindahannya sebab pulau pasir ini berdekatan dengan pulau yang lain.

4. Pantai Nyiur Melambai

Tempat yang populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan yakni pantai nyiur melambai. Biasanya di pantai dihiasi dengan pohon kelapa namun di pantai ini justru ditumbuhi dengan pohon pinus dan di sekitarnya ada pasir pasir putih. Suasana di pantai ini teduh serta memiliki garis pantai yang panjang. Selain Anda melakukan berenang dan bermain voli panjat disini juga terdapat panjat tebing.

5. Museum Kata

Museum yang pertama di Indonesia adalah museum Kata Andrea Hirata. Di sini Anda juga dapat menyaksikan tentang film Laskar Pelangi. Selain itu juga Anda bisa membaca novel karya Andrea Hirata yang tidak diterbitkan untuk umum. Tujuan dibangunnya museum ini untuk menginspirasi remaja desa Gantong dan anak anak untuk dapat mengembangkan bakat seninya. Sehingga tempat wisata ini masih terus dikunjungi.

6. Tanjung Kelayang

Tempat wisata ini merupakan salah satu pantai yang berada di sebelah utara Pulau Belitung. Pantai Tanjung Kelayang memiliki ciri khas yakni maskot dari Sail Wakatobi atau batu kelayang. Pantai ini juga memiliki dua bagian yaitu di sebelah timur berupa hamparan pasir yang putih dan bersih dan di sebelah baratnya yakni gugusan batu granit. Ditempat ini Anda dibebaskan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, menyelam, memancing dan berjemur.

7. Pulau Kepayang

Pulau kepayang merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena dapat melihat terumbu karang dan wajib mencoba snorkeling dan melihat ikan yang berwarna warni. Jika penyelam yang beruntung dapat bertemu dengan ikan yang langka yaitu ikan Napoleon atau penyu sisik.

Selain itu para wisatawan juga dapat menyaksikan sunset dan sunrise.Untuk memuaskan para pengunjung telah disediakan fasilitas cottage dan restoran yang letaknya sesuai dengan situasi alam.

8. Rumah Adat Belitung

Salah satu rumah yang berbentuk seperti panggung merupakan rumah adat belitung. Rumah ini terbuat dari kayu dan menjadi kebanggan dari masyarakat Laskar Pelangi. Rumah adat ini berada di Kota Tanjung Pandan.

Rumah adat ini juga memiliki tiga bagian yaitu utama, loss dan dapur. Di dalam ruangan ini Anda dapat melihat berbagai ornamen khas dari Belitung, salah satunya yaitu lemari yang isinya baju adat pengantin yang memiliki lima kancing sebelah kiri. Setelah itu Anda terdapat loss atau pembatas antara ruang utama dan dapur.

9. Pantai Punai

Pantai berada di bagian Tenggara Pulau Belitung, lebih tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Pantai punai ini memiliki ciri khas dengan suasana yang lebih tenang dan ada batu granit kecil dan pasir putih berbeda dengan pantai yang lain. Pantai ini terkenal dengan pantai punai sebab di depan pantai ini terdapat Pulau Punai yang kecil. Jika Anda ingin menuju ke pulau ini Anda perlu berjalan kaki ketika airnya surut.

Itulah wisata Belitung yang paling hits wajib untuk dikunjungi saat Anda sedang liburan di Pulau Belitung. Mulai dari pulau, pantai serta rumah adat yang dapat menambah pengalaman Anda untuk lebih berkesan.