Bintang Terbesar Hingga Bintang Terkecil di Alam Semesta

Setiap orang tentu tahu bahwa ada jutaan bintang-bintang di langit yang terlihat setiap malam. Bintang-bintang tersebut memang terlihat sangat kecil dari bumi, namun sebenarnya, ukurannya sangatlah besar. Jika di galaksi Bimasakti kita tahu bahwa matahari adalah bintang yang paling besar, ternyata berdasarkan penelitian, di alam semesta ini, masih banyak bintang yang jauh lebih besar dari matahari. Hal ini telah diketahui karena semakin canggihnya teknologi di bidang astronomi. Nah, untuk mengetahui bintang terbesar hingga bintang terkecil yang ada di alam semesta ini, simak ulasan berikut ya. 

  1. R136a1

Bintang terbesar pertama ini terdiri dari huruf dan angka. Bintang ini merupakan bintang yang sangat luar biasa, sebab besarnya diperkirakan mencapai 10 juta kali lipat dibandingkan matahari. Bintang ini ditemukan oleh sekelompok astronom yang berasal dari Inggris di Tarantula Nebula. Sementara itu, jaraknya dari bumi bisa mencapai 165 ribu tahun cahaya. Bintang ini juga sangat ekstrem, sebab menyimpan energi cahaya yang sangat luar biasa. Adapun suhunya diperkirakan bisa mencapai 40.000 derajat celcius. 

  1. KY Cygni

Bintang terbesar berikutnya adalah KY Cgni, yang besarnya kira-kira mencapai 1.420-2.850 kali dari matahari. Namun bintang ini berada sangat jauh dari bumi, jaraknya diperkirakan mencapai 5.000 tahun  cahaya. 

  1. VY Canis Majoris

Selanjutnya adalah bintang VY Canis Majoris, yang diperkirakan berukuran 2.000 kali lipat dari besarnya matahari. Para ilmuwan memperkirakan, jika besar bintang ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan orbit planet saturnus ke Matahari. Adapun jaraknya dari Bumi diperkirakan mencapai 5.000 tahun cahaya. 

  1. V838 Monocerotis

Bintang ini merupakan jenis bintang raksasa di rasi bintang Monoceros. Jarak V838 Monocerotis dari Bumi sekitar 20.000 tahun cahaya. Adapun bintang ini dijuluki bintang raksasa karena memiliki ukuran sebesar 1.170 sampai 1.970 kali lipat dibanding matahari. 

  1. Antares

Ada ratusan bintang terbesar hingga bintang terkecil di alam semesta. Bintang Antares ini diperkirakan memiliki ukuran 850 kali lipat dibanding Matahari, namun bisa dibilang berukuran cukup kecil dibanding yang lainnya. Ukurannya hampir setara dengan orbit matahari ke Planet Mars. Sementara di rasi bintang Scorpius, bintang Antares ini merupakan yang paling terang, di mana pancarannya mencapai 57.500 kali lipat dibanding terangnya Matahari. Adapun jaraknya dari Bumi diperkirakan mencapai 550 tahun cahaya. 

  1. Aldebaran

Bintang yang lebih kecil berikutnya adalah Aldebaran, yang diperkirakan mempunyai ukuran 44,2 kali lipat dari matahari. Bintang ini berwarna orange, jaraknya sekitar 65 tahun cahaya dari bumi. Adapun suhu pada bintang ini mencapai 3,910 K, sehingga cahaya yang dipancarkan bisa mencapai 425 lebih terang dari matahari. 

  1. 57Ab

Jika bintang-bintang di atas memiliki ukuran yang masih bisa dibilang besar, maka bintang 57Ab memiliki ukuran yang lebih kecil. Bintang ini memiliki massa yang diperkirakan setara dengan 85,2 kali massa Jupiter. Awalnya, para astronom mengira bahwa 57Ab ini merupakan sebuah planet, namun setelah dilakukan identifikasi lebih lanjut, ternyata 57Ab merupakan bintang yang berukuran mungil. 

Nah, itulah tadi bintang terbesar hingga bintang terkecil di alam semesta. Meski bintang-bintang yang ada di galaksi Bimasakti terlihat kecil dari Bumi, namun ukuran sebenarnya sangatlah besar. Bahkan, di luar galaksi kita, masih banyak bintang yang besarnya berkali-kali lipat dibanding Matahari. Padahal, Matahari dikenal sebagai bintang paling besar di galaksi Bimasakti. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *