Dirgantara Lapan – Fakta-Fakta Antariksa dan Alam Semesta

Jam Buka :

Telepon :

Email Kami :

Hujan Asam : Pengertian, Ciri ciri dan Penyebabnya

Di dalam kehidupan manusia sehari-hari, mereka sangat bergantung dengan keberadaan air dan salah satunya bersumber dari air hujan. Air hujan akan menjadi sumber air untuk manusia jika airnya bersih seperti air sungai, sumur atau danau.

Selain itu air hujan juga memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mempermudah para petani untuk lahannya, industri, kebersihan bahkan untuk pembangkit energi listrik. Tapi ada air hujan yang perlu diwaspadai salah satunya adalah air hujan asam. Hujan asam ini memiliki pengaruh yang negatif untuk tanah, tanaman, bangunan dan benda yang lain di bumi. Berikut ini pengertian, ciri ciri hujan asam dan penyebabnya.

 

Pengertian Hujan Asam

Hujan asam adalah hujan yang disebabkan belerang atau sulfur yang menjadi pengotor dalam bahan bakar fosil. Hujan asam juga mempunyai pH rendah sekitar 5,2 dan mempunyai sifat asam yang korosif atau dapat menghancurkan partikel yang lain. Hujan asam ini mengandung endapan asam yaitu kandungan nitrogen oksida (NOX) dan kandungan sulfur (SO2) kemudian menyebar di atmosfer.

 

Ciri ciri dari Hujan Asam

Dibawah ini ada beberapa ciri ciri dari hujan asam yang perlu kita ketahui, diantaranya yaitu:

1. Warna air

Hujan asam hampir terlihat sama dengan hujan pada umumnya, karena warna airnya yang turun ke bumi sedikit keruh. Selain warna air hujan asam juga berbau sulfur, dapat berkarat pada besi

2. Bisa dirasakan di kulit

Selain itu bisa dirasakan di kulit, ketika air hujan asam turun kemudian menyentuh kulit pasti akan langsung merah atau bisa jadi gatal gatal. Dan orang yang terkena air hujan asam bisa mengalami pusing jika dalam kondisi fisik yang tidak sehat.

3. Hujan biasa sedikit asam

Hujan biasa bersifat sedikit asam yang memiliki pH 5,6 sementara hujan asam pada umumnya mempunyai pH 4,2 dan 4,4.

4. Bentuk hujan asam

Hujan asam juga dapat terjadi berbagai bentuk seperti hujan salju, berkabut dan juga terdapat elemen kecil bahan kering yang mengendap di bumi. Endapan dari sifat asam ini memiliki dua perbedaan, yaitu:

a. Endapan Disposisi Basah

Endapan disposisi basah merupakan asam sulfat dan nitrat yang dibentuk di atmosfer kemudian turun ke bumi dengan campuran hujan salju atau hujan es dan kabut. Faktor ini terjadi karena penguapan air kemudian membentuk endapan.

b. Endapan Disposisi Kering

Endapan disposisi kering merupakan partikel dan gas asam yang mengendap dari atmosfer tanpa adanya uap air untuk pengendapan kering. Partikel dan gas asam akan membahayakan kesehatan manusia karena bereaksi sangat cepat saat pengangkutan atmosfer untuk membentuk partikel yang besar.

 

Penyebab Hujan Asam

Peristiwa hujan asam akan terjadi akibat erupsi gunung atau guncangan dari gunung api juga dari proses biologis yang berada di tanah, laut atau rawa. Tetapi, hujan asam terjadi karena kegiatan manusia misalnya pembangkit energi listrik, industri dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya berikut beberapa penjelasan tentang penyebab terjadinya hujan asam.

Penyebab dari hujan asam yang sering terjadi akibat dari pembakaran bahan bakar fosil seperti pembakaran di pusat pembangkit listrik, kendaraan bermotor, industri manufaktur, alat berat dan hal lain yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Karena adanya kandungan karbon dioksida (CO2) kemudian dilarutkan dengan air dan berbentuk sebagai asam lemah. Hujan asam terjadi saat sulfur dioksida dan nitrogen menyebar di atmosfer dibawa oleh angin dan arus udara.

Adanya kejadian reaksi antara sulfur dioksida dan nitrogen dengan air, oksigen dan juga bahan kimia yang dapat menyebabkan terbentuk asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3) kemudian akan dicampur dengan air dan bahan yang lain sebelum turun ke bumi.

Selain itu sulfur dan nitrat juga menyebabkan hujan asam dari erupsi gunung berapi. Hal ini terjadi karena guncangan dari gunung api yang mengeluarkan magma dari gunung api yang akan menuju ke permukaan bumi, sehingga ada potongan potongan kecil yang berjatuhan yang menyebabkan hujan asam.

 

Itulah beberapa penjelasan tentang hujan asam mulai dari pengertian, ciri ciri dan penyebab terjadinya hujan tersebut. Dengan mengetahui ciri ciri dan penyebabnya anda bisa mewaspadai jika akan terjadi hujan asam. Dan bisa membedakan hujan pada umumnya dan hujan asam.