Jam Buka :

Senin - Jumat 07.30-16.00

Telepon :

(021) 4892802

Kiat Memilih Lantai Vinyl yang Tepat untuk Area Basah seperti Kamar Mandi dan Dapur

Lantai vinyl adalah jenis lantai sintetis yang berlapis-lapis. Terbuat dari bahan seperti plastik, fiberglass, dan PVC, lantai vinyl biasanya tersedia dalam bentuk papan, ubin atau lembaran yang kemudian dapat dipasang di permukaan lantai Anda. Namun, apakah lantai vinyl tepat digunakan pada area basah? Yuk, baca artikel ini untuk mengeksplorasinya.

Mengapa Menggunakan Lantai Vinyl?

Berikut ini merupakan alasan-alasan mengapa lantai vinyl dapat menjadi pilihan untuk area basah. Dari kemampuan tahan air hingga inovasi desain yang menakjubkan, lantai vinyl membuka kemungkinan baru dalam menghadirkan lingkungan yang fungsional di ruangan yang terkena dampak kelembaban.

Ketahanan yang Tinggi

Lantai vinyl ini dikenal tahan banting. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar lantai vinyl tahan air dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit, namun tetap memiliki daya tahan yang lama. Selain itu, lantai vinyl juga tahan akan noda dan dapat bertahan lama dari keausan, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk area yang memiliki lalu lintas tinggi. Beberapa merek vinyl juga memproduksi vinyl yang tahan air. Karena itulah vinyl sangat baik untuk dipasang di kamar mandi atau di dapur.

Kenyamanan

Dibandingkan dengan bahan seperti kayu atau batu yang keras, lantai vinyl terasa lebih lembut dan empuk berkat bahan serta lapisan yang dimilikinya. Lapisan-lapisan ini juga melindungi dan membantu lantai untuk mempertahankan suhu supaya tetap konsisten. Selain itu, vinyl juga memiliki kemampuan kedap suara yang berfungsi untuk mengurangi kebisingan dan gema di ruangan mana pun, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan ketenangan dengan menggunakan lantai vinyl.

Pemasangan yang Terjangkau dan Mudah

Perkembangan industri vinyl yang baik telah menjadikan vinyl lebih ramah dalam segi pemakaian. Pada awalnya, vinyl hanya tersedia dalam lembaran besar dan berat sehingga relatif sulit untuk dipasang. Namun saat ini keadaannya berbalik, lantai vinyl menjadi jauh lebih mudah dipasang tanpa menggergaji atau memalu. Sebagian besar merk vinyl sekarang juga menawarkan perekat pada vinyl. Sehingga Anda hanya perlu melepaskan perekat pada vinyl untuk memasangnya pada lantai rumah Anda.

Lantai Vinyl Menjadikan Ruangan yang Indah dan Unik

Lantai vinyl memiliki kemampuan luar biasa untuk mengubah ruangan menjadi lingkungan yang memikat, indah, dan unik secara serentak. Dengan sentuhan yang menggairahkan, lantai vinyl mampu menciptakan suasana yang mengundang dan estetika yang menawan. Selain itu, kekayaan ragam desain dan pola yang ditawarkan oleh lantai vinyl juga memungkinkan Anda untuk mengeluarkan kreativitas dan selera interior Anda secara tidak terbatas. Karena itulah vinyl juga dapat menjadi bentuk kekreatifan Anda dalam mendesain interior rumah.

Langkah Bijak Memilih Lantai Vinyl pada Area Basah

Langkah Bijak Memilih Lantai Vinyl pada Area Basah

Dalam perencanaan dan desain ruang, pemilihan lantai memiliki peran sentral dalam menciptakan tampilan keseluruhan yang menawan dan fungsional. Khususnya untuk area rentan basah, keputusan mengenai lantai memiliki dampak yang krusial terhadap daya tahan serta estetika lingkungan tersebut. Dalam langkah-langkah berikut, Anda akan mengetahui tips memilih lantai vinyl yang tepat untuk area basah.

Analisis Kebutuhan dan Penggunaan

Proses analisis kebutuhan sebelum memilih lantai vinyl untuk area yang rentan terkena air seperti kamar mandi dan dapur merupakan tahapan penting untuk memastikan bahwa Anda menemukan solusi yang tepat. Langkah awal, Anda dapat mengidentifikasi apakah area tersebut terkena percikan air atau bahkan kelembaban yang berlebih. Dengan melakukan hal tersebut akan membantu Anda untuk menentukan jenis lantai vinyl seperti apakah yang harus Anda pilih.

Periksa pula jenis aktivitas yang terjadi pada ruangan yang akan Anda pasang vinyl. Perimbangkan apakah akan ada kontak dengan cairan atau bahan kimia tertentu, seperti pembersih dan deterjen atau tidak. Jika iya, maka Anda perlu memilih lantai vinyl yang memiliki tingkat ketahanan tinggi dan juga perlindungan yang memadai.

Cek Ketahanan Air pada Vinyl

Teliti spesifikasi dan label produk lantai vinyl yang Anda pertimbangkan. Biasanya, informasi mengenai ketahanan air akan dijelaskan secara jelas pada label atau brosur produk. Pastikan untuk memahami rating ketahanan air yang diberikan, yang mungkin akan dinyatakan dalam kategori tertentu, seperti “tahan air”, “resisten terhadap air”, atau lainnya.

Bila perlu lakukan percobaan pada lantai vinyl. Ambil sampel lantai vinyl yang Anda pertimbangkan dan uji ketahanan airnya dengan percobaan sederhana. Letakkan sedikit air di atas permukaan lantai vinyl dan biarkan selama beberapa saat, kemudian lap atau keringkan dengan lap bersih. Perhatikan apakah ada tanda-tanda air meresap ke dalam atau merusak lantai.

Perhatikan Kualitas Bahan dan Tekstur Permukaan

Lihatlah jenis bahan yang digunakan pada lantai vinyl tersebut. Pastikan lantai vinyl yang Anda pertimbangkan terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang mampu menghadapi tekanan dan penggunaan sehari-hari. Lihat pula ketebalan lapisan atas yang dimiliki oleh vinyl karena lapisan yang tebal akan cenderung lebih tahan terhadap goresan.

Untuk area basah, pilihlah lantai vinyl dengan tekstur yang memberikan cengkeraman yang baik saat basah. Hal ini tentunya untuk membantu mencegah risiko tergelincir dan meningkatkan faktor keamanan. Jika memungkinkan, raba permukaan lantai vinyl dengan tangan Anda. Pastikan teksturnya nyaman di bawah kaki dan memberikan sensasi yang menyenangkan saat diinjak.

Konsultasikan dengan Ahlinya

Yang terakhir, Anda dapat mengkonsultasikan lantai vinyl yang harus Anda pilih terhadap ahlinya. Konsultasi ini akan membantu Anda mendapatkan pandangan yang mendalam mengenai produk dan pilihan lantai vinyl yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum melakukan konsultasi, tentukan pertanyaan dan pertimbangan utama yang ingin Anda bahas. Apakah Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang jenis-jenis lantai vinyl yang tersedia? Atau mungkin Anda memiliki pertanyaan tentang ketahanan air, instalasi, atau perawatan? Memahami apa yang ingin Anda tanyakan akan membantu konsultasi menjadi lebih efisien.

Jika Anda mencari lantai tahan air dan tahan lama, mudah dipasang, serta membutuhkan sedikit perawatan, maka lantai vinyl menjadi pilihan yang cocok. Kemudian, Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan lantai vinyl berkualitas dari Lantai Vinyl Murah yang terpercaya di pasaran saat ini.

Didukung Oleh :